Universitas Ivet, dalam  memperkuat jati diri calon pendidik, mahasiswa Program Sarjana Pendidikan diberikan program pemagangan di sekolah yang disebut dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang dimaksud PLP sendiri adalah proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Berbeda dengan PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan, Program PLP tidak hanya mencakup latihan manajerial saja, akan tetapi juga termasuk di dalamnya tugas-tugas menghasilkan karya ilmiah terutama Participatory Action Research (PAR). Pelaksanaan kegiatannya dikategorikan menjadi tahapan yang berbeda, namun secara keseluruhan diarahkan kepada visi unggul dan terkemuka dalam menghasilkan sarjana pendidikan/ tenaga kependidikan.

Untuk  menjadi guru yang presional dan unggul harus ada program pengembangan ilmu, program pengembangan ilmu dalam perkuliahan sangat banyak diantaranya ada microteaching, magang, KKL, KKN, PPL dan PLP. Dengan dibekali banyak pelatihan dan program pengembangan ilmu harapanya mahasiswa Universitas Ivet dapat menjadi professional dalam mengajar kedepanya selain itu juga dapat menghasilkan lulusan yang unggul ujar Rektor Rektor Universitas Ivet Prof. Dr. Rustono, M.Hum.dalam sambutanya di acara pembekalan PLP di Gedung Rektorat A Lt 3 Selasa (15/10).

kegiatan PLP ini di ikuti oleh 142 Mahasiswa dari program RPL di beberapa prodi pendidikan universitas ivet. yang akan di terjunkan ke 6 daerah di Jawa Tengah diantaranya jepara, Klaten, Sukoharjo, Purbalingga, Semarang, Batang. Menurut Ketua LP3M Dr. Slamet, M.Pd. PLP kali ini dengan tema sama dengan Program PPL yaitu Kompetensi Profesional dan Etika Guru Praktikan yang di mana kegiatan PLP ini di khususkan kepada mahasiswa yang mengikuti program RPL, kita tahu bahwa Program RPL mayoritas mahasiswanya sudah bekerja maka dari itu PLP ini sangat bermanfaat untuk menambah keprofesionalitas seorang Guru nantinya setelah lulus dari Universitas Ivet.

Rektor Universitas Ivet Prof. Rustono, juga menyampaikan bahwa mahasiswa PLP harus menjaga nama baik universitas Ivet dan juga harus berhati hati dalam perjalanan menuju sekolahan yang sudah di tunjuk oleh kampus. Dan harapanya juga dapat membawa mahasiswa baru untuk kemajuan universitas ivet.

Forum ini juga di hadiri oleh Wakil Rektor 2 Suyanto, S.T M.T, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Drs. Agustinus Sutriyanto, M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code