Bagaimana Jika AC Tidak Dingin?

Suyanto MT
Wakil Rektor 2 Universitas Ivet
Dosen Program Studi Teknik Permesinan Kapal

Kesejukan dan kenyamanan adalah yang diinginkan ketika kita memasang AC di ruangan atau kamar. Parameter kesejukan udara memang berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Namun suhu udara nyaman bagi rata-rata penduduk di daerah tropis seperti Indonesia adalah 24 oC hingga 25 oC. Sementara kelembaban udara yang ideal adalah pada kisaran 45% hingga 65%. Suhu ruangan yang diinginkan bisa dicapai dengan pengaturan menu suhu pada remot AC. Kelembaban udara pada ruangan akan cenderung menurun seiring dengan pemakaian AC yang terus menerus. Sehingga penting untuk menjaga kestabilan kelembaban udara. Salah satunya dengan secara periodik membuka jendela atau ventilasi yang ada, sehingga udara segar dengan kelembaban ideal bisa masuk ke dalam ruangan.

Permasalahan yang sering terjadi Ketika kita menggunakan AC, terutama jika waktu pemakaian sudah cukup lama, semisal 6 bulan atau lebih, AC menjadi kurang dingin bahkan ruangan terasa panas dan pengap. Jika demikian kondisinya, apakah yang sebetulnya terjadi pada AC kita? Ada beberapa hal yang menyebabkan AC tidak dingin. Pertama adalah dimungkinkan saringan udara atau filter pada unit indoor AC kotor tertutup debu. Yang perlu dilakukan adalah melepaskan filter bada sisi atas unit indoor, kemudian di bersihkan. Filter bis dicuci dengan air sabun. Setelah bersih filter bisa dipasang Kembali. Kedua, kisi-kisi pada unit outdoor kemungkinan kotor tertutup debu, sehingga perpindahan panas tidak bisa optimal. Jika itu yang terjadi maka bersihkanlah kisi-kisi udara unit outdoor dengan sikat/ kuas dan bisa juga dengan menyemprotkan air sabun bertekanan. Untuk pekerjaan ini digunakan unit khusus pemompa air/ water pump.

Ketiga, mungkin freon pada AC berkurang. Hal tersebut bisa dicek menggunakan pressure gauge. Jika jumlah freon yang terdapat pada mesin pendingin berkurang, maka pressure gauge akan menunjukkan sekala tekanan yang turun atau kurang dari tekanan standar. Untuk itu perlu dilakukan penambahan freon hingga mencapia tekanan standar. Keempat, mungkin panas matahari langsung masuk melalui jendela atau dinding berbahan kaca. Usahakan jendela ataupun dinding yang berbahan kaca ditutup dengan tirai atau korden, agar panas radiasi matahari tidak masuk ke ruangan. Jika panas matahari masuk keruangan Ketika AC dihidupkan, ini akan mengurangi kemampuan pendinginan AC.

Perlu di perhatikan juga, agar pendinginan ruangan optimal, Ketika AC dihidupkan pastikan semua jendela dan ventilasi dalam keadaan tertutup. Hal ini untuk mencegah terjadinya infiltrasi udara dari luar yang bersuhu lebih panas, sehingga bisa mengurang dinginnya ruangan. Saat membuka pintu juga harus segera ditutup. Untuk mempertahankan kinerja atau performance AC, perlu dilakukan perawatan atau servis rutin. Waktunya servis biasanya diambil 3 hingga 6 bulan. Dengn perawatan AC secara rutin, maka kinerja AC dalam mendinginkan ruangan bisa dijaga. Konsumsi listrikpun bisa lebih hemat, serta AC lebih awet.

Share this post on: