1. MASJID

Masjid ini bernama AL-FATAH, lokasinya terletak di dalam areal Kampus IKIP Veteran Semarang. Merupakan tempat ibadah dan aktifitas keagamaan seluruh mahasiswa IKIP Veteran Semarang juga sebagai tempat para mahasiswa berdiskusi dan kegiatan lainnya. Organisasi Kemahasiswaan yang meramaikan masjid ini adalah UKKI, dimana mempunyai kegiatan rutin tiap minggu dan akhir bulan. 

 

 

 2. LABORATORIUM MICROTEACHING

 

Laboratorium Microteaching ini terletak di dalam gedung uji Kompetensi IKIP Veteran Semarang. Laboratorium Microteaching terdiri dari 5 ruangan. Laboratorium microteaching ini merupakan wajib dimiliki setiap institusi keguruan. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan CCTV, Audio Control, dan Video Control.

 

 

3. LABORATORIUM KOMPUTER

 

Laboratorium ini dilengkapi dengan internet, LCD, dan Audio Sistem. Laboratorium ini digunakan oleh seluruh Mahasiswa IKIP Veteran Semarang. Dengan adanya laboratorium ini akan meningkatkan kemampuan seluruh mahasiswa.

 

 

4. LABORATORIUM BAHASA

 

Pentingnya penguasaan bahasa inggris ini ditunjukkan mata kuliah wajib disetiap perguruan tinggi. Oleh karena itu perlu di dukung dengan laboratorium yang memadai seperti yang telah dimiliki IKIP Veteran Semarang.

 

 

5. GEDUNG UJI KOMPETENSI

 

Uji kompetensi adalah juga salah satu ciri khas suatu pendidikan Vokasi. IKIP Veteran Semarang termasuk didalamnya, sehingga kami juga memiliki tempat untuk uji kompetensi sesuai dengan profesi guru yang dikehendaki Jurusan/Program Studi masing-masing.

 

 

6. PERPUSTAKAAN INSTITUT

 

Perpustakaan Institut memiliki fasilitas koleksi buku-buku soft dan hard copy, dilengkapi dengan wifi, sehingga sangat mendukung mahasiswa dalam mengakses informasi lebih luas. Koleksi perpustakaan berupa buku-buku dalam dan luar negeri, skripsi, jurnal, prosiding, dan bacaan-bacaan lainnya.

 

 

7. RUANG KELAS

 

Seluruh ruang kelas Program Studi PG-PAUD dilengkapi dengan pendingin ruangan, wifi area dan audio system. Sehingga menunjang kenyamanan mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.

 

 

8. LAPANGAN FUTSAL

 

Lapangan ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk kegiatan latihan dan juga untuk latih tanding. Untuk olahraga futsal seluruh jurusan mempunyai Tim, sedangkan untuk Volly Putra dan Putri tingkat Institut.

 

 

 

9. LAPANGAN BULUTANGKIS

 

Unit kegiatan mahasiswa bidang olahraga bulutangkis memiliki jadwal rutin latihan. Kegiatan ini sangat menunjang kebugaran mahasiswa yang nantinya menjadi manusia-manusia yang sehat saat bekerja.

 

 

 

10. TENIS MEJA

 

Tenis meja ini kegiatannya diorganisir oleh mahasiswa dalam bentuk unit kegiatan mahasiswa. Jadwal latihannya juga sudah teratur.

 

 

 

11. AUDITORIUM

 

Auditorium IKIP Veteran Semarang dilengkapi dengan multimedia, dan merupakan fasilitas yang dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam kegiatan seminar atau acara-acara lain dan juga untuk kegiatan-kegiatan IKIP Veteran Semarang.

 

 

 

12. STUDIO MUSIK TRADISIONAL

 

Seni musik tradisional berupa gamelan ini masih dilestarikan di IKIP Veteran Semarang, dimana anggotanya mahasiswa dari semua Jurusan/Program Studi yang ada di IKIP Veteran Semarang.

 

 

 

 

13. UKM PRAMUKA

 

Mulai tahun 2009 UKM Pramuka mulai bangkit dan dicanangkan RACANA Dr. MOEWARDI Berpangkalan di IKIP Veteran Semarang. Kegiatan Pramuka ini adalah salah satu kegiatan pembentukan karakter mahasiswa.

 

 

 

 

14. UKM MENWA

 

 

Unit Kegiatan Resimen Mahasiswa ini telah lama dibentuk sejak berdirinya IKIP Veteran Semarang, akan tetapi terjadi pasangsurut kepengurusan. Para pendiri IKIP Veteran Semarang sangat memahami benar bahwa adanya unit kegiatan Menwa akan mendukung kedisiplinan mahasiswa.

 

 

 15. UKM MUSIK

 

Unit Kegiatan mahasiswa tentang musik ini merupakan wadah pengembangan kreatifitas mahasiswa dalam seni musik. Dengan adanya unit kegiatan mahasiswa ini atmosfir kampus akan lebih hidup selain kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan akademik.

 

 

 

16. HOT SPOOT AREA

Seluruh tempat lingkungan IKIP Veteran telah dapat mengakses internet secara gratis. Selain juga disediakan tempat ruang public mahasiswa untuk kenyamanan dalam mengakses internet di luar kelas. Untuk website IKIP Veteran Semarang adalah : www.ivet.ac.id

 

 

 

17. TK BELIA

Taman kanak-kanak ini adalah pengembangan Jurusan/Program Studi PG-PAUD. TK Belia ini dapat dijadikan tempat untuk memicu kreatifitas para mahasiswa PG-PAUD dalam melihat kondisi nyata di lapangan tentang bagaimana proses belajar mengajar, kurikulum, pengelolahan, penanganan kegiatan bermain, dan pengembangan alat-alat peraga pendidikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post on: