Guest Lecture Series Universitas Ivet Hadirkan dosen dan pakar dari Thailand

Semarang, Universitas Ivet kembali Adakan Guest Lecture Series yang bekerjasama dengan Hatyai Univerversity Thailand dan Didyasarin International College Thailand pada Kamis (17/6/21).

kegiatan yang diselenggarakan melalui daring ini mengambil tema Montessori Method dengan narasumber DR Chadchom Ratsameemomthon Lecturer Of Hatyai Univerversity Thailand dan Ajarn Piyada Jingwangsa Head Of English Department Didyasarin International College Thailand.

Guest Lecture Series yang ke tiga ini di fokuskan kepada Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD).

Menurut Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Luluk Elyana menjelaskan bahwa metode pendidikan Montessori ini perlu kita sampaikan juga kepada para Mahasiswa khususnya Mahasiswa dari Prodi PG PAUD.

“Pasalnya metode ini sudah di terapkan di beberapa Sekolah PAUD di Indonesia tujuannya adalah untuk mempersiapkan para mahasiswa agar nantinya apabila mereka sudah lulus dan ada yang bekerja di sekolah yang menggunakan metode pengajaran montessori bisa paham mengenai metode tersebut, sebab metode tersebut sangat berbeda sekali dengan kebanyakan sekolah reguler yang ada di Indonesia,”Jelasnya.

Dr Luluk Elyana juga menambahkan bahwa sekolah yang menggunakan metode pendidikan Montessori ini tujuan atau hasil akhir yang di harapkan kepada peserta didiknya berbeda dengan sekolah reguler yang menggunakan metode pendidikan berdasarkan kurikulum.

“sebab metode Montessori ini peserta didiknya akan diajarkan untuk bisa mandiri, sedangkan di sekolah reguler, semua pelajaran yang diajarkan berdasarkan kurikulum, sehingga mau tak mau anak-anak dipaksa untuk mengerti semua hal yang diajarkan, maka dari itu tentu akan berbeda cara pengajarannya di sekolah dengan metode montessori guru akan lebih menjadi fasilitator atau pendamping dan untuk sekolah reguler guru akan jadi pengajar, “Imbuhannya.

Sementara itu Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono menambahkan bahwa metode Montessori ini juga baik di terapkan dalam mendidik anak dalam keluarga.

“mendidik anak untuk menjadi mandiri itu sangat bermanfaat sekali sebab anak-anak akan belajar bagaimana menghargai sesuatu sehingga dia akan bertanggung jawab atas apa yang sudah ia lakukan, selain itu dengan menerapkan metode tersebut di dalam keluarga tentu anak akan berfikir secara luas sehingga nantinya dia bisa melakukan apapun tanpa harus bantuan dari orang tua dan orang tua hanya mengarahkan saja,” Terangnya.

Prof Rustono juga menyampaikan salam hormat kepada narasumber yang sudah memberikan materi yang sangat luar biasa kepada mahasiswa Universitas Ivet.

“harapannya dengan adanya materi ini mahasiswa bisa memiliki ilmu pengetahuan yang luas sebab semakin kedepan tentu perkembangan ilmu pengetahuan akan semakin maju dan berkembang untuk itu belajar sepanjang hayat harus menjadi pedoman hidup tentunya bagi para mahasiswa yang nantinya akan menjadi seorang pendidik, selain itu kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber dari Hatyai Univerversity Thailand dan Didyasarin International College Thailand yang sudah mengajarkan metode pendidikan montessori kepada mahasiswa kami walau melalui daring, kedepan kami akan mengadakan lagi Guest Lecture dengan tema yang berbeda Harapannya Mahasiswa Universitas Ivet bisa memiliki ilmu pengetahuan yang baru dan luas,” Tandasnya.

Share this post on: