MANFAAT SENAM HAMIL UNTUK MENINGKATKAN DURASI TIDUR

Sahari Bulan S.Tr Keb M Biomed
Dosen Program Studi Sains Biomedis Universitas Ivet Semarang

Kehamilan dan persalinan merupakan suatu proses yang dialami oleh seorang ibu hamil dan menimbulkan rasa sakit, banyak perubahan fisiologis selama kehamilan, ibu hamil, dimana trimester pertama akan merasa mual, muntah, dan lemas ini akan dirasakan hingga pada trimester pertama atau tiga bulan. Pada rimester kedua rasa mual dan muntah semakin berkurang, sedangkan pada trimester ketiga keluhan yang diakibatkan oleh pembesaran perut, perubahan anatomis dan perubahan hormonal,,menyebabkan munculnya keluhan-keluhan pada ibu hamil.

Gangguan pada ibu hamil pada trimester ketiga, keluhan yang sering dirasakan pada ibu hamil yaitu nyeri payudara,gerah, letih, sesak napas, peningkatan berat badan, varises, nyeri punggung, gangguan tidur, nyeri pelvis.kram pada tungkai, posisi tidak nyaman, sering buang air kecil, kelelahan, sehingga mengalami penurunan durasi tidur, dan mengakibatkan konterasi berkurang pada ibu hamil.

Beberapa tips senam pada ibu hamil yang dapat dilakukan dirumah:

1. Berolahraga ringan, seperti jalan-jalan pagi hari. manfaat jalan pagi bagi ibu hamil membuat tubuh menjadi sehat, bugar, menjaga kesehatan jantung, mengencangkan otot, dan membantu tidur lebih nyenyak.tingkatkan jalan pagi dengan durasi secara bertahap mulailah durasi pendek yaitu 30-40 menit.

2. Senam hamil berupa latihan pernapasan (Relaksasi) selama kehamilan yaitu dengan cara ambil posisi duduk dikursi yang nyaman, usahakan duduk tegak menyangga punggung dengan bantal dan buatlah kaki anda rileks, lakukan pernapasan dengan tenang tarik napas dan buang melalui mulut secara perlahan, dilakukan hingga berulang sampai tubuh merasa nyaman. Senam hamil dalam pernapasan bermanfaat untuk meningkatkan oksigen, memperlancar peredaran darah, senam hamil efektif menurunkan kecemasan pada ibu hamil, mengurangi stress, dan sakit punggung dalam menghadapi persalinan dalam semester ketiga.

Manfaat dari latihan relaksasi melibatkan syaraf parasimaptis dalam system syaraf puasat, fungsi syaraf paraimpati ini dapat menurungkan reproduksi hormone adrenalin atau epinefrin (hormone stress) sehingga meningkatkan sekresi hormone atau norepinefrin (hormone relaks) dapat terjadi penurunan kecemasan, keteganan pada ibu hamil menjadi lebih relaks dan tenang, sehingga demikian ibu hamil dapat tidur dengan mudah dan nyaman.

Share this post on: