Universitas Ivet Sosialisasikan Kebijakan Kemendikbud Ristek Program KIP K Tahun 2021 Pada Siswa Siswi SMA/SMK/MA

Semarang, sukseskan program dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Riset dan Tehnologi Republik Indonesia (Kemendikbud Rsitek RI) universitas ivet sosialisasikan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) kepada para siswa – siswi sekolah menengah atas dari berbagai daerah di Indonesia melaui daring, Kamis (6/5/2021).

Sosialisai ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi yang lebih merata dan berkualitas, apalagi di tengah masa pendemi covid 19 banyak masyarakat yang kesulitan dalam masalah keuangan.

Wakil Rektor 3 Dr Tri Leksono Menjelaskan bahwa KIP K tahun 2021 ini berbeda yaitu seluruh program studi bisa mendapatkan kuota bantuan KIP K.

“Tahun 2020 lalu hanya program studi yang terakreditrasi B atau A saja, untuk tahun 2021 ini program studi yang akreditasinya masih C bisa mendapatkan kuota bantuan KIP K namun besarannya berbeda, ini menjadi angin segar pasalnya bisa mendongkrak program studi yang akreditasinya masih C untuk mmendapatkan mahasiswa lebih banyak,” Ujarnya.

Lanjut Wakil Rektor 3 menyampaikan bahwa Universitas Ivet memiliki 22 Program Studi yang menjadi pilihan para siswa siswi untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

“untuk tahun 2021 ini Universitras Ivet mendapat kuota lebih dari 250 mahasiswa penerima Beasiswa Program KIP K, kuota tersebut di peroleh dari kolaborasi antara Dikti dan anggota dewan, untuk itu kesempatan ini jangan sampai di siasiakan bisa jadi kuota tersebut bertambah mencapai 400 mahasiswa,” Imbuhanya.

Dr Tri Leksono juga menambahkan bahwa sebagian kuota yang ada sudah di ambil oleh pondok pesantren.

“banyak sekali antusias para peserta yang mengiktui kegiatan sosialisasi program KIP K, sebagian dari mereka juga merupakan kepala sekolah dari berbagai SMA/SMK di Indonesaia, kebanyakan ingin cepat – cepat mendaftarkan para siswa-siswinya yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sebab Universitas Ivet memiliki berbagai macam pilihan program studi baik yang pendidikan maupun non pendidikan,” Terangnya.

Wakil Rektor 3 Dr Tri leksono juga menjelaskan pendaftaran KIP K sangat mudah namun tentu ada satu persyaratan yaitu memang benar – benar mahasiswa tersebut dari keluarga yang kurang mampu.

“nanti akan ada seleksi bagi calon mahasiswa penerima beasiswa Program KIP K jadi tidak semua pendaftar bisa tertampung sebab selain karena di berikan kepada yang membutuhkan juga karena kuota yang terbatas,” Tuturnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa penerima beasiswa program KIP K tahun 2020 Vina Navila mahaiswa program studi Pendidikan Informatika menjelaskan bahwa program KIP K sangat membantu.

“sudah 2 tahun ini saya mendapatkan bantuan beasiswa program KIP K, sangat senang sekali sebab saya bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan keterbatasan biaya dari orang tua, dan di program KIP K ini kita juga mendapatkan biaya hidup yang juga sangat membantu untuk membeli peralatan perkuliahan seperti Laptop / Gadget sebab saat ini perkuliahan lebih banyak melalui daring,” Tuturnya.

Share this post on: