Pengajar di Harapkan Lebih Kreatif dan Inovatif dalam pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid 19

Semarang, Di masa pendemi covid 19 saat ini dunia pendidikan tidak lagi belajar melalui tatap muka atau luring di sekolah atau kampus melainkan sedang beralih di dunia maya, namun pada praaktiknya banyak yang belum siap beralih ke pembelajaran daring, pelajar yang sudah mulai bosan dengan sistem pembelajarannya dan bosan akan keadaan, untuk itu peran pengajar harus lebih kreatif dan inovatif sehingga pelajar nantinya akan mampu mengikuti pembelajaran melalui daring dengan baik dan benar. Maka dari itu UNIT PMB Universitas Ivet mengadakan kegiatan Webinar menjadikan Kelas Maya Lebih Bermakna yang di khususkan untuk para Guru, Dosen dan Siswa SMA/MA/SMK serta Mahasiswa memalui platform zoom Rabu, (2/12).

Kegiatan webinar ini bertujuan untuk menjadikan sistem pembelajaran daring yang ada di sekolah maupun perguruan tinggi menjadi lebih baik dan bermakna serta memiliki manfaat yang lebih. Rektor Universitas Ivet Prof. Dr. Rustono, M.Hum menyampaikan pembelajaran daring itu bisa lebih baik asalkan kita bisa memanfaatkannya misalnya seperti mencari sumber sumber materi pembelajaran melalui online, jadi siswa atau mahasiswa tidak hanya mengandalkan materi yang di sampaikan oleh guru atau dosen saja melainkan juga dapat mencari bahan ajar dari berbagai sumber, bahkan di dunia maya volume sumber ilmu itu melimpah apapun bisa kita cari dan nantinya pelajar akan lebih memiliki ilmu. Namun tentunya guru atau dosen sebagai fasilitator juga harus membimbing dan mengarahkan siswa / mahasiswanya sehingga tidak keluar dari jalur.

Namun pembelajaran daring tentunya harus juga memenuhi syarat di antaranya penyediaan fasilitas perangkat pembelajaran yang baik, peningkatan Sumber Daya Manusia yang lebih unggul dan mumpuni, serta peningkatan kualitas sistem daring yang baik sehingga pembelajarannya akan lebih bermakna, Universita Ivet siap menjadi mitra bagi Sekolah atau Perguruan Tinggi lain yang membutuhkan fasilitas sistem pembelajaran melalui online ujar Wakil Rektor 1 Universitas Ivet Dr. luluk Elyana, M.Si.,

Dalam kegiatan ini Unit PMB Universitas Ivet mengundang narasumber dari dosen Prodi Pendidikan Informatika Universitas Ivet R. Irlanto Sudomo, M.Pd., dan Adi Nova Trisetyanto, M.Pd., serta Dosen Prodi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Ivet Dhega Febriharsa, S.ST., M.Pd. ketiga narasumber tersebut membahas mulai dari pembelajaran di era New Normal kemudian Strategi pembelajaran lebih bermakna serta media presentasi yang aktif sehingga para pelajar nantinya akan nyaman dan senang belajar di dunia maya. forum ini juga di hadiri oleh guru – guru SMA/MA/SMK serta Siswa Kelas XII dan Dosen serta Mahasiswa.

Share this post on: