Persiapan Akreditasi, Universitas Ivet Datangkan Assesor BAN PT

Semarang, dalam rangka Re-Akreditasi Program Studi Lama dan Akreditasi Program Studi Baru yang akan di laksanakan bulan januari mendatang , Universitas Ivet selengarakan pengarahan Akreditasi 9 Krieria Penilaian untuk 6 program Studi di Lingkungan Universitas Ivet di aula gedung rektorat Rabu, (10/12).

Dalam kegiatan ini Universitas Ivet mengundang narasumber dari Assesor BAN PT Dr. Paulus Th Basuki Hadiprajitno S.E., A.K., M.B.A., M.S.Acc., C.A. yang juga merupakan dosen dari Universitas Diponegoro Semarang.

Forum ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 Dr. Luluk Elyana, M.Si., menurutnya Akreditasi menjadi salah satu penilaian terhadap mutu program studi. Dan saat ini dengan diberlakukannya akreditasi 9 kriteria oleh BAN-PT, program studi dituntut untuk dapat menjalankan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam setiap program kegiatan. Dengan diberlakukannya penilaian akreditasi 9 kriteria berbasis output dan outcome ini, masih banyak pengelola program studi yang belum memahami sepenuhnya bagaimana langkah dan hal-hal tenknis untuk mempersiapkan akreditasi guna menjalankan penjaminan mutu, terutama dalam Laporan Evaluasi Diri (LED).

IAPS 4.0 terdiri dari Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Akademik (LKA). Laporan Evaluasi Diri menggambarkan status dan analisis capaian masing-masing kriteria. Unit pengelola program studi diharapkan mampu mengenali kekuatan yang dimiliki serta aspek yang perlu mendapat perbaikan di program studi yang diusulkan akreditasinya. Laporan Kinerja Akademik (LKA) yang memuat data capaian indikator kinerja program studi, yang secara bertahap akan diintegrasikan dengan PD-Dikti. Hasil akreditasi dengan IAPS 4.0 akan dinyatakan dalam bentuk status akreditasi dan peringkat terakreditasi. a) Status akreditasi : Terakreditasi atau Tidak Terakreditasi. b) Peringkat Terakreditasi : Baik, Baik Sekali, Unggul

Banyak hal yang baru dari Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 yang saat ini dikembangkan oleh Ban-PT. Diantaranya unit pengusul akreditasi adalah Unit Pengelola Program Studi dan bukan lagi Program Studi seperti pada instrumen yang berlaku sebelumnya. IAPS 4.0 menggunakan 9 Kriteria yaitu : Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana, dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Luaran dan Capaian Tridharma yang secara keseluruhan mengukur tingkat ketercapaian dan/atau pelampauan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan standar yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Assesor BAN PT Dr. Paulus Th Basuki Hadiprajitno S.E., A.K., M.B.A., M.S.Acc., C.A. menyampaikan “Instrumen yang baru menuntut kita untuk menceritakan kondisi real, sehingga kalau kita mau make up akan mudah sekali diketahui oleh asesor. Jadi yang perlu dilakukan sebelum mengajukan usulan borang akreditasi adalah meluruskan niat untuk menceritakan dengan sebenar-benarnya kondisi program studi. Meski demikian tidak dilarang untuk mengemasnya dengan indah.

Ketua Lembaga Penjamin Mutu) LPM  Eko Heri Widiastuti M.Hum., menyampaikan untuk bulan januari mendatang ada total 6 prodi yang akan melakukan akreditasi 3 di antaranya prodi baru yaitu program Studi Ilmu Lingkungan, program Studi Sistem Tehnologi Informasi, dan program Studi Keselamatan Kerja, dan untuk 3 prodi yang lainnya adalah Re- Akreditasi diantaranya program Studi Pendidikan Matematika, program Studi Pendidikan IPA, program Studi Teknik Kelistrikan Kapal, “kesemua prodi sudah siap namun memang perlu adanya arahan dan penguatan dari Assesor BAN PT untuk mendapatkan Hasil akreditasi yang baik dan untuk program Studi yang akan Akreditasi / Re-Akreditasi di harapkan agar mengoptimalkan waktu yang ada untuk mempersiapkan instrumen borang 9 kriteria dengan sebaik-baiknya. Maka dari itu Butuh kerjasama yang baik dari semua pihak, sehingga kita bisa meraih nilai dan peringkat yang lebih, dan LPM siap membantu penuh kepada program Studi yang akan di akreditasi”.

Dalam forum ini hadir Sekertaris LPM, Dekan Fakultas Kemaritiman, Dekan Fakultas Saintek dan para Ketua Program Studi serta UPPS Program Studi yang akan di akreditasi.

Share this post on: