Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ivet Adakan Perkuliahan Daring Dengan Mengundang Dosen Tamu

Semarang, Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Universitas Ivet (Unisvet) adakan kuliah Dosen tamu secara daring melalui media Zoom Pada hari Senin, (26/7/2021).

Dalam kegiatan tersebut Prodi Pendidikan Matematika Unisvet mengundang Dosen dari Prodi Pendidikan Matematika Universitas Jember Dr Erfan Yudianto M Pd dengan mengusung tema upaya memaksimalkan Pembelajaran Matematika dengan Metode Van Hiele pada pembelajaran.

Pada kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Prodi Pendidikan Matematika Akhmad Nayazik MPd, dalam sambutannya menjelaskan bahwa perkuliahan dosen tamu ini sebagai upaya pemberian ilmu pengetahuan yang luas tentang matakuliah yang ada di program studi matematika.

“dihadirkannya pakar ilmu matematika secara luas harapanya agar kelak mahasiswa dapat memahami Tingkat Perkembangan pada siswa yang akan dibimbing, sehingga mempermudah dalam mengarahkan siswa dengan cara yang lebih efisien,” Ujarnya.

Ketua Prodi Pendidikan Matematika Unisvet tersebut menambahkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan perkuliahan ini tidak hanya Mahasiswa dari Universitas Ivet saja.

“Dari data yang kami peroleh melalui absensi ada peserta dari kampus lain diantaranya Universitas Papua, IAIN Salatiga, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, UIN Sunan Ampel Surabaya, STKIP Budidaya Binjai, dan kami sangat senang sekali atas kedatangan beberapa mahasiswa dan dosen Pendidikan Matematika dari Perguruan Tinggi lain di acara perkuliahan daring kami, Harapannya dengan hadirnya para peserta ini juga bisa mengenalkan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ivet dengan luas,”Imbuhannya.

Dalam forum tersebut Akhmad Nayazik juga menjelaskan bahwa materi yang di sampaikan oleh narasumber sangat begitu dibutuhkan pasalnya belajar geometri saat ini lebih diterapkan pada teorema-teorema Van Hiele saja.

“Padahal bisa menggunakan bidang lain seperti contohnya dengan program etnomatematika, kemudian proses berfikir, pengembangan memakai test, lalu topik lain yang relevan dengan Perkembangan Van Hiele,”Terangnya.

Sementara itu Dr Erfan Yudianto sebagai narasumber menambahkan bahwa Ada tingkat perkembangan pembelajaran dalam metode Van Hiele yaitu Visualisasi (mengenal bentuk geometri), Analisis (mengenal sifat geometri), Deduksi Informal (memahami sifat geometri), Deduksi (menyusun bukti pada geometri).

“Sesuatu hal yang telah diteliti orang lain, masih bisa kita teliti. Semakin tinggi tingkatan pada siswa, semakin kecil kemampuan dalam hal spesifikasinya,”Ujar Dosen dari Universitas Jember tersebut.

Share this post on: