Sejarah IKIP Veteran Semarang

ikip-veteran-semarang-tempoe-doloe

IKIP Veteran Semarang Tempo Dulu

IKIP Veteran Semarang berdiri pada tanggal 29 Juli 1966. Jurusan yang pertama kali diselenggarakan adalah Ekonomi Perusahaan, Ekonomi Koperasi, Sejarah, Civic Hukum, Inggris dan Seni Rupa dengan jenjang Sarjana Muda.

Seiring berjalannya waktu, institut mengalami pembenahan Jurusan dan Fakultas.

Pada tahun 1984, institut mengalami penyesuaian jalur dan penataan jurusan berdasarkan SK. Mendikbud nomor : 0395/0/1984 menjadi 3 fakultas, yaitu FPIPS dengan jurusan PMP-KN, Pendidikan Dunia Usaha, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Sejarah, FIP dengan jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan dan  Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, serta FPTK dengan jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Bangunan.

Pada tahun 2004 institut membuka program baru yaitu Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak jenjang Diploma 2, pada tahun 2008 menyikapi UU Sisdiknas th. 2003 dan UU Guru dan Dosen th. 2005 maka IKIP Veteran Semarang membuka program studi baru sebagai ganti D2 PGTK yaitu program studi PG PAUD jenjang S1.

ikip-veteran-semarang-tv

IKIP Veteran Semarang (iVET) Teacherpreneur Campus

Di tahun 2013 IKIP Veteran Semarang memperkenalkan branding iVET dengan taglinenya yaitu Teacherpreneur Campus. Dengan branding baru tersebut, iVET memiliki semangat baru untuk menciptakan generasi baru yang mampu bersaing di dunia global dan berjiwa entrepreneur.

Kini IKIP Veteran Semarang (iVET) telah memiliki 10 Program Studi, diantaranya Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Pendidikan PPKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Teknik Mesin Otomotif, dan Pendidikan Teknik Informatika.

 

Visi, Misi & Tujuan IKIP Veteran Semarang

VISI

Menjadi perguruan tinggi yang unggul, profesional, dan berkarakter entrepreneur

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional untuk menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten dan berkarakter entrepreneur dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan IPTEK
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan IPTEKS dan menerapkan nilai-nilai humaniora
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan kerjasama untuk meningkatkan kualitas tridharma perguruan tinggi

TUJUAN

  1. Membentuk manusia seutuhnya yang sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi, kreatif dan bertanggung jawab disertai budi pekerti luhur.
  2. Menghasilkan lulusan tenaga kependidikan profesi dan vokasi yang profesional.
  3. Menumbuh kembangkan berbagai ilmu kependidikan sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat yang sedang dan terus membangun.
  4. Mewujudkan arti, fungsi dan peran PTS untuk menopang usaha nasional di bidang pendidikan demi kemajuan bangsa dan negara.
  5. Mewujudkan keserasian dan koordinasi antara perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional

LOKASI KAMPUS

Kampus IKIP Veteran Semarang terletak di komplek perguruan tinggi swasta Bendan Duwur, yaitu di Jalan Pawiyatan Luhur IV nomor 17 Semarang. Kode pos  50233. Ph.8316105 – 8316118, fax. (024) 8316105.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *