Sejarah IKIP Veteran Semarang

ikip-veteran-semarang-tempoe-doloe

IKIP Veteran Semarang Tempo Dulu

IKIP Veteran Semarang berdiri pada tanggal 29 Juli 1966. Jurusan yang pertama kali diselenggarakan adalah Ekonomi Perusahaan, Ekonomi Koperasi, Sejarah, Civic Hukum, Inggris dan Seni Rupa dengan jenjang Sarjana Muda.

Seiring berjalannya waktu, institut mengalami pembenahan Jurusan dan Fakultas.

Pada tahun 1984, institut mengalami penyesuaian jalur dan penataan jurusan berdasarkan SK. Mendikbud nomor : 0395/0/1984 menjadi 3 fakultas, yaitu FPIPS dengan jurusan PMP-KN, Pendidikan Dunia Usaha, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Sejarah, FIP dengan jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan dan  Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, serta FPTK dengan jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Bangunan.

Pada tahun 2004 institut membuka program baru yaitu Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak jenjang Diploma 2, pada tahun 2008 menyikapi UU Sisdiknas th. 2003 dan UU Guru dan Dosen th. 2005 maka IKIP Veteran Semarang membuka program studi baru sebagai ganti D2 PGTK yaitu program studi PG PAUD jenjang S1.

ikip-veteran-semarang-tv

IKIP Veteran Semarang (iVET) Teacherpreneur Campus

Di tahun 2013 IKIP Veteran Semarang memperkenalkan branding iVET dengan taglinenya yaitu Teacherpreneur Campus. Dengan branding baru tersebut, iVET memiliki semangat baru untuk menciptakan generasi baru yang mampu bersaing di dunia global dan berjiwa Teacherpreneur.

Kini IKIP Veteran Semarang (iVET) telah memiliki 10 Program Studi, diantaranya Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Pendidikan PPKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Teknik Mesin Otomotif, dan Pendidikan Teknik Informatika.

Visi, Misi & Tujuan IKIP Veteran Semarang

VISI

Menjadi perguruan tinggi kependidikan yang unggul, profesional, dan berkarakter Teacherpreneur pada Tahun 2025

MISI

  1. Mengembangkan sistem pendidikan yang unggul di bidang akademik dan
    nonakademik secara aktual
  2. Mengembangkan dan mengaplikasikan secara profesional ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berdasarkan nilai-nilai luhur kebangsaan
  3. Mengembangkan dan mengimplementasikan karakter teacherpreneur dalam
    kehidupan bermasyarakat

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik, non-pendidik, profesi dan vokasi yang unggul dan terampil di masyarakat
  2. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang transformatif dan aplikatif
  3. Menghasilkan kultur ilmiah dan kemasyarakatan berlandaskan nilai-nilai teacherpreneur

LOKASI KAMPUS

Kampus IKIP Veteran Semarang terletak di komplek perguruan tinggi swasta Bendan Duwur, yaitu di Jalan Pawiyatan Luhur IV nomor 17 Semarang. Kode pos  50233. Ph.8316105 – 8316118, fax. (024) 8316105.

6 thoughts on “Profil IKIP Veteran Semarang (iVET) Teacherpreneur Campus

  1. Assalamualaikum.. Bolehkah saya minta akreditasi ban pt tahun 2011 jurusan pkn soalnya ini saya rantau di sulut. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code