PROFIL SINGKAT

Keberadaan Program studi PPKN, FPIPS IKIP Veteran Semarang tidak dapat dilepaskan dari berdirinya institut pada tahun 1969. Pada awal berdirinya program studi ini bernama jurusanCivics Hukum dan hanya sampai jenjang Sarjana Muda  (Diploma 3), baru mulai tahun akademik 1984/1985 berubah menjadi jurusan PPKN yang termasuk salah satu jurusan dari Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) dengan jenjang pendidikan strata satu (S1), perubahan ini berdasarkan SK. Menteri  P dan K No.0395/0/1984 dengan pejabat penanda tangan SK Menteri P & K pada saat itu yaitu Bapak Prof,DR. Nugroho Noto Susanto. Berjalan kurang lebih 40 tahun, Program studi/jurusan PPKN FPIPS IKIP Veteran Semarang telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat dan pemerintah. Terbukti dari jumlah lulusan yang telah terserap dalam masyarakat maupun  lembaga  pemerintahan.

VISI :

Menjadi program studi / jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang profesional dalam mencetak pendidik PPKN yang kompeten,  transformatif, berkarakter dan akuntabel serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tangguh.

MISI :

  1. Menjadikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang berorientasi pada perkembangan dan tuntutan ilmu teknologi berdasarkan hasil pengembangan penelitian.
  2. Memberikan bekal kepada peserta didik yang mampu menumbuhkan dan memperkuat rasa patriotisme dan nasionalisme.
  3. Mencetak tenaga yang mampu mengembangkan proses pembelajaran yang demokratis, dengan pribadi-pribadi yang memiliki jiwa pembaharu, integritas diri yang mantab dan bertanggungjawab.
  4. Menghasilkan tenaga edukatif yang mampu memenangkan kompetensi dalam bidang penelitian maupun pengabdian pada masyarakat yang diadakan oleh lembaga pendidikan lain.
  5. Mengembangkan bidang penelitian yang berdaya guna bagi masyarakat.
  6. Melaksanakan pengabdian dalam rangka peningkatan kesadaran sebagai warga masyarakat, warga negara dan warga dunia menghasilkan pendidik yang menghargai semangat hidup multicultural.

TUJUAN :

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang senantiasa didukung dengan penggunaan teknologi dan kajian berdasarkan pengembangan hasil penelitian.
  2. Membentuk lulusan yang mempunyai semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.
  3. Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi dialogis dan demokratis
  4. Melaksanakan kegiatan penelitian untuk menunjang proses pembelajaran.
  5. Meningkatkan kemampuan tenaga edukatif dalam menghasilkan karya ilmiah
  6. Melaksanakan pengabdian pada masyrakat untuk meningkatkan kesadaran sebagai warga masyarakat, warga negara dan warga dunia.

NAMA-NAMA DOSEN JURUSAN PPKN IKIP VETERAN SEMARANG

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

KURIKULUM JURUSAN PENDIDIKAN PPKN

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

BUKU PANDUAN KONVERSI MAHASISWA, LINTAS JALUR / TRANSFER

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

BUKU PANDUAN SKRIPSI TAHUN 2014

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

JADWAL KULIAH SEMESETER GENAP PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TAHUN AKADEMIK 2014-2015

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

 

Share this post on: