PROFIL SINGKAT

Keberadaan jurusan Pendidikan Geografi FPIPS IKIP Veteran Semarang tidak dapat dilepaskan dari geografi berdirinya institut pada tahun 1969. Pada awal berdirinya jurusan ini bernama jurusan geografi FPIPS dan hanya sampai jenjang Sarjana Muda  (SM), baru mulai tahun akademik 1984/1985 berubah menjadi jurusan Pendidikan Geografi FPIPS dengan jenjang pendidikan strata satu (S1) berdasarkan SK. Menteri  P dan K No.0395/0/1984.

Sejalan dengan perkembangan waktu maka pengelolaan dan pengembangan jurusan / program studi pendidikan geografi saat ini berupaya memfokuskan diri pada diorientasikan pada kesiapan calon guru yang berdasarkan basis dan pengembangan kompetensi ilmu dan teknologi pendidikan geografi yang berkualitas & proporsional melalui :

  1. Mengembangkan program pendidikan yang berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan pendidikan kegeografian sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang dapat memberi bekal teoritis dan praktis, operasional di bidang pendidikan kegeografian;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang terencana dan bermutu dengan mendasarkan diri pada nilai-nilai ekologis yang dilandasi sikap taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa; dan (4) mengembangkan SDM yang ada di program studi Pendidikan Geografi dengan sikap terbuka dan ramah lingkungan.

VISI :

Program studi yang profesional dalam mencetak tenaga kependidikan yang kompeten, inovatif, berkarakter dan berwawasan kebangsaan melalui pendekatan, keruangan,  kewilayahan  dan kelingkungan berdasar keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

MISI :

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mengembangkan cara berfikir yang dapat melihat dan memahami interaksi, interelasi dan integrasi gejala-gejala fisis dan sosial dalam kontek ke ruangan.
  2. Menghasilkan guru yang sadar akan keharusan kerja dan berusaha membudidayakan alam sekitar yang berwawasan lingkungan.
  3. Menghasilkan guru yang mempunyai daya analisis keruangan, kewilayahan dan kelingkungan.
  4. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan bidang keilmuan yang terkait dengan keruangan, kewilayahan dan kelingkungan.
  5. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk pelestarian lingkungan.

TUJUAN :

  1. Mengembangkan ketrampilan guru untuk mengamati, mencatat, menginterpretasi, menganalisa, mengevaluasi dan mengklasifikasi gejala-gejala serta proses fisis dan sosial dalam lingkungannya.
  2. Mengembangkan ketrampilan membuat deskripsi, membuat peta dan membuat perencanaan wilayah.
  3. Memupuk kesadaran ekologi akan perlunya keseimbangan wilayah dan populasi.
  4. Memupuk kesadaran ekologi akan perlunya pelestarian lingkungan sesuai kearifan lokal.
  5. Mengembangkan ketrampilan guru untuk membuat analisis dan deskripsi dengan pendekatan kekurangan, kewilayahan dan kelingkungan.
  6. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pengabdian kepada masyarakat tentang pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup. 

NAMA-NAMA DOSEN PENDIDIKAN GEOGRAFI

Untuk Mengunduh filenya klik disini  (Unduh File)

KURIKULUM JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

Untuk Mengunduh filenya klik disini  (Unduh File)

BUKU PANDUAN KONVERSI MAHASISWA PINDAHAN, TRANSFER / LINTAS JALUR

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

BUKU PANDUAN SKRIPSI TAHUN 2014

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

BUKU PANDUAN IVETIA INFORMASI AKADEMIK IKIP VETERAN SEMARANG

Untuk mendownload file klik disini (Unduh File)

JADWAL KULIAH SEMESTER GASAL 2014/2015 PENDIDIKAN GEOGRAFI

Untuk mengunduh filenya klik disini (Unduh File)

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post on: