Universitas Ivet Semarang Selenggarakan Diklat Refresh Pertama di Jawa Tengah

Semarang, Universitas Ivet dipercaya Direktorat GTK PAUD sebagai penyelenggara Diklat (LPD) mulai Juli 2021.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2005, Pasal 44 tentang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) serta tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Pasal 17 tentang Pembinaan Karir PTK.

Selanjutnya Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Pasal 28 dan 29 tentang kualifikasi dan kompetensi pendidik PAUD.

Berdasarkan kebijakan tersebut universitas berupaya menjadi bagian penting dalam peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik PAUD dengan mendirikan Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD).

Diklat perdana yang dilaksanakan Universitas Ivet adalah Diklat Refresh yaitu Diklat yang diikuti oleh para dosen atau akademisi sebagai penyegaran dan me-refresh pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan selama ini pada dunia Pendidikan Anak Usia Dini.

Diklat Refresh tahap I ini dilaksanakan pada hari Selasa 6 Juli 2021 – Minggu 11 Juli 2021 dan akan diselenggarakan Diklat Refresh tahap II pada hari Senin 26 Juli 2021 – Sabtu 30 Juli 2021.

Dr. Dyah Kusbiantari, M.Si selaku ketua tim task force pendirian LPD Universitas Ivet sekaligus ketua panitia pelaksanaan Diklat Refresh menyampaikan syukur setelah Unisvet mendapatkan kehormatan dari GTK untuk menyelenggarakan Diklat Refresh Pengajar Diklat Dasar Daring Kombinasi tahap I dilaksanakan pada 6 -11 Juli 2021.

Tujuan pelaksanaan diklat ini menyiapkan, menyamakan persepsi, dan memantapkan materi serta penguasaan LMS menggunakan akun SIM PKB bagi Pengajar Diklat Dasar Daring Kombinasi.

Harapannya akan menghasilkan Pengajar Diklat dengan kemampuan yang handal.

Peserta dalam Diklat ini terdiri dari 20 orang Dosen dari PG-PAUD dan Bimbingan Konseling.

Seluruh Pelatih Diklat Berjenjang perlu mengikuti Diklat Refresh ini.

Pelaksanaan Diklat Refresh ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Jawa Tengah.

“Unisvet merupakan salah satu Lembaga Penyelenggara Diklat pertama yang mendapatkan ijin untuk menyelenggarakannya. Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi Unisvet. Semoga berkah. Semoga Unisvet selalu memberikan kebermanfaatan serta layanan terbaik. Unisvet Jaya,” tuturnya.

Salah satu narasumber pada pelaksanaan diklat ini yaitu Koordinator Pokja Pembelajaran Dit. GTK PAUD Ditjen GTK, Kemendikbudristek, Drs. Nasruddin.

Dia menyampaikan guru PAUD harus memiliki kompetensi sebagai guru, menguasai karakteristik anak, aspek perkembangan.

“Melalui diklat berjenjang ini guru PAUD akan dibekali dengan pengetahuan yang memadai dengan tingkat kedalaman materi yang berbeda dalam setiap jenjangnya. Selain itu guru PAUD juga perlu dibekali dengan diklat teknis untuk mengatasi berbagai permasalahan. Misalnya di masa pandemi ini guru-guru tidak paham mengembangkan kurikulum, perencanaan dan proses pembelajaran karena kondisi yang tidak sama seperti masa normal,” tuturnya.

Rektor Universitas Ivet Prof Dr. Rustono, M.Hum dalam sambutannya pada pembukaan Diklat melalui virtual Zoom, Selasa (6/7/2021) menyampaikan Diklat Refreshment ini diperlukan untuk penyegaran kembali, menyamakan persepsi dalam pemberian pendidikan dan pelatihan bagi seluruh pelatih Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang berada pada sisi service bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan yang terlayani.

Sementara Wakil Rektor I Universitas Ivet Dr. Luluk Elyana menyampaikan melalui LPD ini Universitas Ivet memfasilitasi calon mahasiswa Universitas Ivet pada program RPL Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Fasilitas yang sudah didapatkan dari keikutsertaannya sebegai peserta diklat berjenjang ini akan direkognisikan sebagai konversi yang diakui sebagai bagian penting proses akademik di Universitas Ivet.

Hadir pada pembukaan Diklat refresh ini adalah Dekan Fakultas Kemaritiman Ratna Dwi Kurniawan, MT, Dekan FKIP Dr. Fifty Istiklaily M.Kes dan Direktur LSP Universitas Ivet Dhega Febiharsa, SST, M.Pd.

Narasumber pada pelaksanaan diklat refresh ini adalah Bp. Drs Nasruddin, ibu Supriyati, S.Pd, ibu Suci Wulandari, S.Pd, Bp. Benyamin Agustinus, S.Pd.AUD, Any Kurnianingsih, S.Pd, AUD, Dr. Siti Saroh, M.Pd, Hanik Triwidyaningsih, M.Pd, Etika Umi Romlah, S.Pd, Rusmanto, S.Pd.I, Ria Winanti, M.Pd, Ir Bambang Trusoelo, MM.

Moderator pada kegiatan diklat ini adalah Kaprodi PG PAUD Unisvet Dr Maria Denok Bekti Agustiningrum, M.Pd dan Sekretaris Prodi PG PAUD Unisvet Dr. Radeni Sukma Indra Dewi, M.Pd.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Universitas Ivet Semarang Selenggarakan Diklat Refresh Pertama di Jawa Tengah, https://jateng.tribunnews.com/2021/07/07/universitas-ivet-semarang-selenggarakan-diklat-refresh-pertama-di-jawa-tengah.

Share this post on: