816 Mahasiswa Universitas Ivet Semarang Mendapat Bantuan Biaya Pendidikan Kemendikbud

816 Mahasiswa Universitas Ivet Semarang Mendapat Bantuan Biaya Pendidikan Kemendikbud


SEMARANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya memberikan dukungan secara maksimal kepada mahasiswa agar tetap bisa kuliah dengan baik di masa pandemi Covid-19.

Dukungan dalam bentuk bantuan biaya pendidikan ini diberikan kepada seluruh mahasiswa yang finansial orangtua terdampak Covid-19 serta mahasiswa yang orangtuanya kurang mampu.

Universitas Ivet menerima dua jenis bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Kemendikbud, yaitu bantuan biaya UKT / SPP dan biaya pendidikan program KIP Kuliah.

Wakil Rektor 3 Tri Leksono menyampaikan tahun ini Universitas Ivet menerima bantuan dari Kemendikbud  dengan kuota sangat besar, yaitu total 816 orang yang dibagi dalam dua program.

Masing-masing program KIP Kuliah yang mendapatkan kuota sejumlah 210 mahasiswa dan program bantuan biaya UKT/SPP sejumlah 606 orang.

“Dua program dari Kemendikbud yang kita terima itu berbeda persyaratan serta hal yang d peroleh. Program KIP Kuliah diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang orangtuanya kurang mampu dan mendapatkan biaya kuliah hingga lulus sedangkan untuk program bantuan biaya UKT/SPP untuk mahasiswa aktif dari semester 3 ke atas dan hanya satu semester saja,” paparnya.

Tri Leksono menjelaskan bahwa tahun lalu Universitas Ivet hanya menerima 15 kuota saja untuk program KIP Kuliah atau dulu biasa disebut Bidikmisi.Tahun ini kuotanya meningkat sangat banyak menjadi 210 orang. Peningkatan ini juga dikarenakan Universitas Ivet mendapat bantuan dari beberapa anggota dewan mitra kerja Kemendikbud.

Kedua program bantuan yang diterima oleh Universitas Ivet sudah dimonitoring langsung oleh Kemendikbud dan LLDIKTI Wilayah 6 Jawa Tengah, Kamis (17/12/2020), di kantor LLDIKTI Wilayah 6.

“Untuk berkas sudah sesuai semua saat dimonev dan dari Kemendikbud bantuan biaya pendidikan juga sudah cair untuk kedua program tersebut,” ujar Wakil Rekor 3.

Kemendikbud memberikan langsung dua bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa.

Penerima program KIP Kuliah mahasiswa mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp 700 ribu/bulan yang dibayarkan setiap semester sesuai masa studi normal S1 maksimal 8 semester.Total selama studi maksimal Rp 33,6 juta per mahasiswa.

Sedangkan untuk program bantuan biaya UKT/SPP, mahasiswa menerima Rp 2,4 juta selama satu semester. “Kami harapkan kepada mahasiswa penerima bantuan biaya Pendidikan ini untuk giat dan tekun dalam perkuliahan sehingga nantinya bantuan biaya pendidikan ini tidak sia–sia. Tidak semua mahasiswa mendapat bantuan ini, kami menyeleksi sangat ketat. Untuk itu pergunakan fasilitas dari pemerintah ini dengan baik untuk menorah prestasi di perguruan tinggi,” pesan Tri Leksono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.