Dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ivet Adakan Pelatihan Persiapan AKM

Dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ivet Adakan Pelatihan Persiapan AKM


Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika sedang memberikan materi bagi guru di MTS NU 02 Al Ma’arif Boja

Semarang, 4 dosen pendidikan Matematika Universitas Ivet adakan pelatihan dalam rangka persiapan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang di adakan oleh kementrian pindidikan dan kebuadayaan untuk siswa siswi baik dari tingkat Pendidikan Dasar hingga tingkat Pendidikan Menengah Atas di MTS NU 02 Al Ma’Arif Boja.

Kegiatan ini dalam rangka implementasi salah satu Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan pengabdian ini kita tujukan bagi Guru di beberapa Sekolah yang akan melaksanakan AKM untuk Pertama Kalinya, kita memilih MTS NU 02 Ma’Arif Boja sebab Asesmen tersebut merupakan hal yang baru bagi siswa di MTS tersebut harapannya dengan adanya pelatihan ini maka kebijakan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan berjalan lancar tanpa hambatan di MTS NU 02 Ma’Arif Boja,” Ujar Ketua Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Matematika Ratih Kusumawati.

Ada beberapa pokok materi dalam kegiatan pengabdian tersebut diantaranya tujuan adanya AKM, kemudian karakteristik dari soal literasi, lalu soal numerasi, dan survey karakter.

Menurut Ratih ”Materi inilah yang paling menantang, sebab banyak dari guru mencoba mengerjakan sekaligus memeriksa hasil jawabannya sendiri benar atau tidak, hal ini juga dapat digunakan sebagai acuan dalam menanggulangi permasalahan siswa nantinya dalam menjawab salah ataupun benar.

Sementara itu kepala sekolah Husnul Huda sangat mengapresiasi kehadiran tim dosen Pendidikan Matematika Universitas Ivet dan berharap berkelanjutan kerjasama melalui kegiatan sejenis di masa yang akan datang untuk meningkatkan kualitas guru di MTS NU 02 Al Ma’arif Boja.

Tim pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika Ratih Kusumawati, Arie Wahyuni, Lenny Kurniati, Destya Wahyu Hidayati.