Fakultas Saintek kolaborasi dengan Fakultas Kesehatan adakan Stadium General

Fakultas Saintek kolaborasi dengan Fakultas Kesehatan adakan Stadium General

 

Semarang – Dalam rangka mengembangkan mutu pendidikan yang lebih baik melalui program MBKM, 2 Fakultas di Universitas Ivet adakan Stadium General visiting Faculty secara daring melalui media Zoom meeting Kamis (16/9/21).

Kegiatan ini merupakan kuliah umum yang di adakan oleh seluruh Fakultas di Universitas Ivet untuk memberikan informasi dan ilmu kepada mahasiswa dari semester 3 hingga 7.

Pada kesempatan ini 2 Fakultas yang menyelenggarakan secara bersama yaitu Fakultas Saintek dan Fakultas Kesehatan mengusung tema pengembangan Pendidikan melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan mengundang Narasumber dari Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Dr Nur Qudus dan Dekan Fakultas Saintek Dr Fuad Abdillah.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Luluk Elyana menyampaikan bahwa kebijakan Mendikbudristek RI ini sangat menguntungkan sekali bagi mahasiswa.

“sebab mahasiswa akan di berikan fasilitas untuk belajar di luar Program Studi guna mendapatkan pengalaman dan ilmu sehingga pada saat nanti mereka kerja itu siap, apa lagi kita juga punya Lembaga Sertifikasi Profesi tentu juga akan menambah kesiapan para lulusan untuk bisa dapat segera bekerja nantinya,” ujarnya.

Dr Luluk juga menjelaskan bahwa 8 IKU dalam program MBKM ini perlu di sosialisasikan kepada mahasiswa sebelum mereka memulai perkuliahan perdana pada tanggal 20 September 2021 nanti.

“Program MBKM memiliki 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) diantaranya 1 Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak, 2 Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, 3 Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, 4 Praktisi Mengajar di Dalam Kampus, 5 Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat, 6 Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia, 7 Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, 8 Program Studi Berstandar Internasional, ke 8 IKU ini lah yang akan mahasiswa dapatkan mulai dari semester 4, tidak hanya mahasiswa namun dosen pun akan juga akan mengikuti 8 Iku tersebut,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik tersebut juga menambahkan bahwa dalam program MBKM Universitas Ivet beberapa kali juga mendapatkan hibah.

“diantaranya hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka, Hibah Detasering, dan Hibah Program Pendidikan Jarak Jauh, beberapa hibah ini tentu juga akan menambah kualitas atau mutu dari program studi yang mendapatkan hibah, harapannya dengan di dapatkannya hibah ini semua fasilitas untuk menunjang suksesnya program MBKM di Universitas Ivet bisa berjalan dengan lancar,” imbuhannya.

Dr Luluk Elyana juga menyampaikan bahwa di Fakultas Saintek ini program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin mendapat peringkat kedua perolehan mahasiswa baru.

“dengan ini harus menjadi motivasi kepada Program Studi lain untuk bisa membuat inovasi yang cermelang sehingga perolehan mahasiswa terbanyak juga akan di rasakan oleh program studi lain apa lagi ad program studi baru yang tentu harus mempunyai ciri khas dalam pendidikannya dan berbeda dengan program studi yang sama di kampus lain sehingga tentu akan menambah daya tarik tersendiri untuk belajar di Universitas Ivet,” tuturnya.