Implementasi Hibah PKKM Prodi PG Paud Selengarakan Seminar Nasional

Semarang, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi PG Paud) Universitas Ivet selenggarakan seminar nasional sebagai implementasi hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka PKKM di Hotel Plasa Semarang pada hari Selasa (11/10).

Dalam kegiatan tersebut Tim Task Force PKKM 2022 Universitas Ivet sebagai penyelengara kegiatan hibah PKKM Universitas Ivet mengundang praktisi Literasi Dr Nur Tsuroyah dan mengusung tema Pra literasi Digital Anak Usia Dini.

Seminar nasional tersebut di selengarakan dalam upaya meningkatkan kualitas dosen terutama pada materi tentang Pra literasi digital untuk Anak usia Dini dalam rangka memajukan Program Studi yang telah sukses mendapatkan hibah dari Kemdikbud Ristek.

Pada pembahasannya Dr Nur Tsuroyah menyampaikan bahwa Kemampuan literasi tidak akan lepas dari proses belajar dan menulis

“Kegiatan literasi itu bukan hanya menulis buku menulis puisi dan gerakan lainnya, namun kegiatan literasi yang sebenarnya versi pendidikan luar sekolah adalah melek huruf kemudian bisa memahami, dan berlanjut ke penerapan kehidupan sehari hari itu adalah literasi yang sebenarnya,” ujarnya.

Dr Nur Tsuroyah juga menambahkan bahwa dalam penyampaian literasi kepada anak perlu adanya Langkah – Langkah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak.

“Jadi bagaimana cara yang tepat mengenalkan baca tulis ke anak – anak menggunakan metode pendekatan yang sesuai untuk anak – anak sehingga anak akan nyaman dan bisa cepat dalam hal baca dan tulis,” imbuhannya.

Dalam kesempatan itu Tim Task Force PKKM PG Paud Soraya menyampaikan bahwa kemampuan ini perlu dikembangkan sedini mungkin sebagai pra literasi yang menjadi fondasi kemampuan literasi anak pada usia selanjutnya.

“secara umum literasi merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, namun sebenarnya literasi ini tidak hanya berkaitan dengan kemampuan baca, tulis, hitung (calistung) anak, tetapi mencakup seluruh kemampuan yang ada dalam diri anak itu sendiri,” ujar Dosen PG Paud Universitas Ivet.

Soraya menambahkan pengambilan tema seminar Pra literasi Digital Anak Usia Dini ini di karenakan baru Booming di kalangan Guru PAUD.

“Untuk itu kami dan Tim selengarakan tema ini untuk mempersiapkan para dosen agar siap mengajarkan kepada mahasiswanya tentang materi ini sehingga ada nilai tambah tersendiri yang di miliki Program Studi PG PAUD Universitas Ivet,” ujarnya.