Kajian Ramadhan Universitas Ivet Bahas Puasa dan Kesehatan

Kajian Ramadhan Universitas Ivet Bahas Puasa dan Kesehatan

Semarang, Mewarnai bulan ramadhan Universitas Ivet selenggarakan Kajian dengan mengusung tema Puasa dan Kesehatan secara daring melalui media zoom Jumat (8/4).

Kegiatan yang menghadirkan pengasuh ponpes Darul Fallah Grobogan dan sekaligus Praktisi Pengobatan Herbal Muhammad Ghufron di ikuti ratusan peserta baik dari Dosen, Karyawan, dan Mahasiswa Universitas Ivet.

Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono menyambut baik kegiatan kajian di bulan Ramadhan tahun ini dengan mengusung tema Puasa dan Kesehatan.
“Perlu di ketahui bahwa tujuan berpuasa itu adalah untuk memperoleh predikat taqwa di samping menjadi orang yang bertakwa juga akan membantu dalam hal kesehatan badan menjadi sehat dan hidup terasa indah oleh karena itu kajian kali ini sangat bermakna sekali,” ujar Rektor Universitas Ivet.
Prof Rustono juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para narasumber yang sudah meluangkan waktunya untuk menyampaikan ilmu seputar kesehatan kepada Sivitas Akademika Universitas Ivet.

“Dengan adanya kajian ini diharapkan para peserta bisa mengikuti dengan baik agar bisa mendapatkan ilmu tentang kesehatan secara alami dan kami juga berpesan untuk tetap menjaga kesehatan selama berpuasa,” imbuhannya.

Sementara itu dalam pembahasannya pengasuh ponpes Darul Fallah Grobogan Muhammad Ghufron atau biasa di kenal Gus Mbodo menyampaikan bahwa Allah SWT selalu menyimpan rahasia di balik suatu perintah.

“Puasa Ramadhan itu suatu perintah yang di wajibkan oleh Allah SWT tertuang dalam surah Al baqoroh ayat 183 selain puasa ramadhan itu wajib ternyata di dalamnya juga ada unsur kesehatan dan menjadi syariat yang menarik sehingga orang yang sakit malah justru lebih baik berpuasa ketimbang meminum obat berbahan kimia,” terangnya.

Dalam kajian tersebut banyak hal yang di diskusikan terutama hal – hal yang berhubungan dengan pengobatan yang baik selama berpuasa

Menurut Gus Mbodo untuk menjaga badan tetap fit dan sehat, setelah sahur jangan langsung tidur.

“Sebab akan menimbulkan adanya kerusakan pada bagian tubuh bahkan bisa menjadi asam lambung pasalnya tubuh itu perlu adanya proses pencernaan apabila sehabis sahur atau makan kita tidur maka tidak ada proses pencernaan hal ini lah yang menyebabkan munculnya penyakit di dalam tubuh, oleh karena itu lakukanlah aktivitas sehingga makanan bisa d cerna dengan baik oleh tubuh,” imbuhannya.