Latih ketrampilan konseling calon konselor, Puluhan Mahasiswa BK Universitas Ivet Ikuti Workshop

Latih ketrampilan konseling calon konselor, Puluhan Mahasiswa BK Universitas Ivet Ikuti Workshop

 

Semarang – Puluhan Mahasiswa dari berbagai Angkatan pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Ivet (Prodi BK Unisvet) Semarang ikuti workshop keterampilan konseling bertajuk Teknik desentisisasi efektif & yoga kids pada Rabu (29/12/2021).

Workshop yang diadakan di gedung Auditorium Universitas Ivet, merupakan bentuk implementasi pembelajaran pada salah satu matakuliah yang di ampu oleh Dosen Prodi  bimbingan dan Konseling Universitas Ivet dengan mengundang Trainer dari Owner Klinik ABK Ozora Sulestinah dan Banun Sri Haksasi Dosen Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Ivet

Menurut Kepala prodi Bimbingan Konseling Elfi rimayati, workshop ini merupakan tanggapan dari situasi saat ini dimana Perkembangan teknologi membawa dampak perubahan yang semakin besar dan permasalahan semakin kompleks, tingkat stress dan tingkat depresi semakin tinggi.

“Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para calon konselor untuk mengasah kemampuan dan skill dan ketrampilan yang mendukung untuk mengatasi permasalahan tersebut apalagi sebagian besar para lulusan dari prodi BK Unisvet ini nantinya akan menjadi Guru bimbingan dan konseling hal ini perlu di persiapkan sejak sekarang,” ujarnya.

Lanjutnya menurut Ketua Prodi BK Unisvet bahwa yang banyak mengalami masalah ini adalah para pelajar terutama pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan tingkat atas (SMA/SMK).

“Pelatihan relaksasi dan desentisasi wajib dimiliki mahasiswa bimbingan konseling yang mana kedepannya wajib dikuasai pada saat menjadi seorang konselor dan guru  nantinya. seorang calon konselor minimal bisa melayani diri sendiri terlebih dahulu sehingga mampu menjadi bagian dari yang menyelesaikan masalah. bukan yang memiliki masalah,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor 1 Universitas Ivet Dr Luluk Ellyana menyampaikan ucapan terimakasih kepada penyelanggara kegiatan atas inisiatifnya untuk mengadakan kegiatan ini. adanya teknik keterampilan konseling yang efektif untuk mahasiswa prodi bimbingan dan konseling universitas Ivet tahun 2021 dan 2022.

“Diadakannya workshop ini di harapkan menjadi inspirasi bagi Program Studi lainnya pada keempat Fakultas di Universitas Ivet dimana mata kuliah menjadi implementasi dari kampus merdeka dengan luaran kegiatan. adanya ketrampilan teknik desentisasi efektif, mahasiswa bk ivet mengingatkan kita untuk selalu bahagia. harapannya bisa membawa mahasiswa yang nantinya akan mengabdi pada dunia pendidikan maupun pada masyarakat dalam mencapai kesejahteraan bersama dengan memiliki keterampilan berpikir, keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berpikir kritis,” ujar Dr Luluk Ellyana dalam sambutannya.

Wakil Rektor 1 Universitas Ivet menghimbau kepada mahasiswa yang sudah memperoleh keterampilan ini, profil lulusan bimbingan dan konseling itu ada beberapa. Salah satunya nanti akan membawa peserta didik saat bisa mengabdikan diri lebih baik didunia pendidikan maupun non pendidikan, bisa mengajak komunitas untuk menemui kesejahteraan hidupnya, dan bagaimana memberikan pendampingan kepada generasi penerus bangsa.dengan adanya kegiatan ini, bisa memberi keterampilan khusus untuk betul betul bisa memperoleh keterampilan berpikir, keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berpikir kritis.

Wartawan : Putri & Saidah

Editor : Andreas