LPM Unisvet Adakan Workshop SPMI dan Persiapan AMI Untuk Tingkatkan Pringkat Akreditasi

LPM Unisvet Adakan Workshop SPMI dan Persiapan AMI Untuk Tingkatkan Pringkat Akreditasi

Semarang, Pentingnya Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI) pada Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan pringkat Akreditasi, Lembaga Penjamin Mutu Universitas Ivet (LPM Unisvet) adakan Workshop di Hotel Grasia Selasa (31/8/2021).

Kegiatan yang menghadirkan seluruh ketua Program Studi di lingkungan Universitas Ivet ini membahas persiapan penyiapan dokumen untuk kesiapan Akreditasi Program Studi dengan mengundang Narasumber dari Fasilitator Penjamin Mutu LLDIKTI Wilayah VI Dr Nova Rijanti MKom yang juga sebagai ketua Lembaga Penjamin Mutu Universitas Dian Nuswantoro.

Menurut ketua LPM Unisvet Eko Heri Widiastuti MHum bahwa Pada tahun 2022 seluruh program studi baru harus sudah terakreditasi.

“begitupun juga program studi lama harus segera mempersiapkan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi, sehingga kami tim LPM harus segera memulai membantu kesiapan Prodi agar nantinya saat di akreditasi atau re akreditasi bisa mendapatkan nilai tertinggi yaitu Unggul tentu ini merupakan suatu tantangan dan kerja yang keras,”Ujarnya saat menyampaikan laporan kegiatan.

Ketua LPM tersebut juga menambahkan bahwa kedepan pelaporan SPMI sudah menggunakan sistem yang di miliki oleh Universitas Ivet.

“untuk itu kami juga menghadirkan TIM IT dari Universitas Ivet untuk mensosialisasikan sistem SPMI kepada seluruh ketua Prodi yang hadir, sehingga dengan sudahnya penerapan pelaporan data untuk akreditasi melalui sistem maka proses akreditasi nantinya akan lebih cepat dan mudah sebab kedepan semua bentuk pelaporan sudah digitalisasi,”Imbuhannya.

Sementara itu Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr Luluk Elyana menjelaskan bahwa dengan adanya peringkat akreditasi Unggul di Program Studi tentu juga akan mendurung peringkat perguruan tinggi juga menjadi Unggul.

“kami akan terus mendorong dan memperkuat program studi untuk mempersiapkan instrumen akreditasi 9 Kriteria sesuai arahan dari Dirjen Dikti, Harapannya dengan kegiatan ini bisa sedini mungkin mempersiapkan dokumen sehingga nantinya bisa mendapatkan peringkat akreditasi Unggul,”Jelasnya.

Dr Luluk Elyana juga menyampaikan bahwa seluruh program studi harus selalu sensitif terhadap BAN PT.

“pasalnya tim dari BAN PT saat ini semakin jeli, dan detail serta aktif dalam pemantauan mutu pendidikan di sebuah perguruan tinggi, dan jangan sampai kita mendapat surat cinta dari BAN PT, maka dari itu seluruh Program Studi harus bersama – sama kompak dan saling berkolaborasi sehingga bisa bersama sama memajukan perguruan tinggi ini,”Tuturnya.

Di samping itu Wakil Rektor 1 tersebut juga berpesan kepada seluruh elemen Sivitas Akademika Universitas Ivet harus bisa mengimplementasikan budaya mutu dan Saling memperkuat antar Program Studi kerjasama yang solid, kompak, harmonis dan berkomunikasi yang lancar sehingga cita cita peringkat Unggul bisa tercapai.

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik tersebut juga menginformasikan bahwa Universitas Ivet akan mengirimkan mahasiswa untuk belajar di Perguruan Tinggi Luar Negeri .

“saat ini sedang kita seleksi beberapa mahasiswa yang akan kita kirim untuk kuliah di luar perguruan tinggi asal, ini merupakan bentuk implementasi dari merdeka belajar Kemendikbud Ristek RI, selain itu pada semester gasal 2021 nanti juga akan kita terima mahasiswa asing yang akan belajar di Universitas Ivet sehingga kampus dengan tagline bereputasi International ini benar benar terealisasikan selain itu juga tentu akan meningkatkan peringkat Perguruan Tinggi menjadi Unggul,”Tandasnya.