Mahasiswa Prodi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet Siap Jalankan Program PKL Komunitas

Semarang, Mahasiswa Semester 7 Program Studi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet Semarang ikuti Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) komunitas selama 4 Minggu di 2 Kelurahan di Kecamatan Gunungpati Semarang.

Kegiatan tersebut di awali dengan pembekalan yang di buka langsung oleh Dekan Fakultas Kesehatan Agus Sudrajat di Ruang Pertemuan Prodi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet selama 2 hari Selasa dan Rabu (1-2 November 2022).

Agus Sudrajat menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan PKL ini merupakan kegiatan lanjutan dari Magang yang sudah di laksanakan oleh mahasiswa Administrasi Kesehatan Universitas Ivet pada beberapa bulan lalu.

“Ada beberapa Program kegiatan selain perkuliahan di kampus pada Fakultas Kesehatan diantaranya Magang, Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan kali ini merupakan pertama kali Program Studi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet menyelengarakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan oleh karena itu saya harapkan semua mahasiswa yang mengikuti PKL agar bisa mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan sungguh – sungguh agar nanti saat sudah di terjunkan harus sudah siap,” ujarnya.

Dekan Fakultas Kesehatan tersebut juga berharap agar seluruh mahasiswa bisa menjaga nama baik kampus pada saat PKL.

“Selama PKL mahasiswa selain membantu masyarakat dalam kesehatan juga harus menjaga nama baik diri sendiri, nama baik Program Studi, hingga nama baik Universitas sebab di 2 kelurahan yang menjadi tempat PKL mahasiswa ini setiap tahunnya di pakai untuk tempat KKN mahasiswa Universitas Ivet

Sementara itu Ketua Program Studi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet Lindra Anggorowati menyampaikan bahwa PKL Prodi Administrasi Kesehatan ini merupakan PKL Komunitas.

“PKL Komunitas ini merupakan kegiatan PKL yang akan di terjunkan langsung di masyarakat semacam KKN namun perbedaannya pada kegiatannya mereka akan di minta untuk menjalankan program yang berhubungan dengan kesehatan kalau KKN kan banyak program namun PKL komunitas ini lebih spesifik ke bidang kesehatan,” jelasnya.

Ketua Prodi Administrasi Kesehatan Universitas Ivet tersebut juga menyampaikan bahwa PKL komunitas ini akan di laksanakan mulai Tanggal 7 November 2022 sampai 2 Desember 2022 atau selama 4 Minggu.

“Ada 2 kelurahan yang menjadi tempat untuk mereka menjalankan program PKL ini yaitu Kelurahan Kandri dan Kelurahan Cepoko Gunungpati Semarang kedua kelurahan tersebut di pilih karena dekat dengan kampus dan masih di sekitar Semarang jadi para mahasiswa tidak perlu mengeluarkan keuangan yang banyak untuk kegiatan PKL ini,” terangnya.

Lindra Anggorowati menambahkan bahwa selama PKL mahasiswa di minta untuk bisa mendiagnosis dan mengatasi masalah kesehatan yang ada di masyarakat terutama masyarakat di 2 kelurahan tempat mereka Menjalankan PKL.

“Mahasiswa akan di bagi 2 kelompok dan mereka di minta untuk mengedukasi masalah kesehatan kepada masyarakat kemudian menganalisis permasalahan kesehatan yang terjadi lalu pada akhirnya mereka di minta untuk memecahkan permasalah tersebut lalu mereka membuat laporan dan laporan ini tentu juga akan membantu kelurahan untuk dapat meningkatkan kesehatan pada masyarakat yang ada di kelurahan tersebut, harapannya mahasiswa bisa mengaplikasikan apa yang sudah mereka dapatkan ilmunya di perkuliahan dan di tempat magang,” imbuhannya.