Mahasiswa Universitas Ivet Kembali Toreh Prestasi Tingkat Nasional

Mahasiswa Universitas Ivet Kembali Toreh Prestasi Tingkat Nasional

Semarang – Salah satu Mahasiswa Universitas Ivet Kembali menorah prestasi kali ini dalam ajang Program Talenta Inovasi Indonesia Tahun 2021 yang di adakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Sumber Daya.

Dalam perlombaan tersebut mahasiswa yang lolos dalam Program Talenta Inovasi Indonesia Tahun 2021 bernama Riza Kanadian dari Program Studi Sains Biomedis semester Tiga dengan membuat inovasi tentang perpaduan antara pendidikan dan permainan didalam satu aplikasi dengan konten bahasa daerah Untuk melestarikan bahasa dari daerah yang ada di Indonesia supaya tidak punah.

Menurutnya Bahasa daerah itu perlu di lestarikan “Pasalnya kaum milenial Indonesia saat ini sudah mulai beralih ke bahasa nasional bahkan International contohnya di Jawa bahasa jawa yang halus saja kaum milenial sudah tidak bisa dan menurut survei bahwa bahasa daerah mulai hilang dari sekitar 300 an bahasa daerah di Indonesia saat ini hanya 157 bahasa hal ini menjadikan saya berinovasi untuk membuat sebuah aplikasi dengan tujuan untuk melestarikan bahasa tersebut,” Ujarnya.

Riza menambahkan bahwa dirinya juga bekerjasama dengan dosen untuk membimbing pembuatan aplikasi tersebut.

“Dalam project inovasi ini saya bekerjasama dengan salah satu dosen untuk merealisasikan aplikasi yang di rancang dalam mensukseskan lomba tersebut, jadi harapannya dengan terwujudnya aplikasi ini bahasa daerah yang ada di indonesia tidak punah dan bahkan bisa menjadi bahasa International,” Imbuhannya.

Program Talenta Inovasi Indonesia adalah salah satu program pendanaan yang ditujukan kepada mahasiswa di Indonesia untuk mendukung realisasi ide dan inovasi mereka dalam bentuk luaran yang bermanfaat bagi perkembangan IPTEK di Indonesia dan juga dunia.

Progam ini merupakan keberlanjutan dari Program Penguatan Talenta Inovasi Indonesia Tahun 2020 yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN). Program Talenta Inovasi Indonesia merupakan program pendanaan berupa insentif untuk membantu pembiayaan dalam mewujudkan inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa, pengembangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan mempercepat penyelesaian masa studi.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr Tri Lekosno menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang di peroleh mahasiswanya dalam berbagai ajang perlombaan.

“Pada penghujung tahun 2021 ini mahasiswa Universitas Ivet kembali menoreh beberapa prestasi baik prestasi Non Akademik maupun prestasi Akademik hal ini membuat kebanggan tersendiri dan tentunya juga akan memajukan Universitas Ivet dan membawa nama baik serta meningkatkan reputasi dari Universitas Ivet,” Ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.