Memanfaatkan Konten Pada LMS, Prodi PVTM Unisvet Selengarakan Trainng Of Trainer

Memanfaatkan Konten Pada LMS, Prodi PVTM Unisvet Selengarakan Trainng Of Trainer

Semarang – Progam Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Universitas Ivet kembali melanjutkan kegiatan Trainng Of Trainer dalam rangka implementasi hibah Program Kompetensi Kampus Merdeka (PKKM) yang di adakan oleh Kemdikbud Ristek RI.

Kegiatan yang menjadi akhir dari rangkaian hibah PKKM ini membahas pemanfaatan konten pada Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran dengan mengundang Narasumber Dr Heri Wibawanto Dosen dari UNNES, Masruhan Mufid Praktisi Teknologi Pembelajaran dari SMK 7 Semarang, dan Dhega Febriharsa Dosen dari Universitas Ivet secara Luring di Hotel Candi Indah Senin, (13/12).

Kegiatan yang di laksanakan selama 2 hari mulai dari hari Senin – Selasa 13 – 14 Desember 2021 dengan metode daring dan luring ini tujuan utamanya yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas untuk mengisi dan memanfaatkan konten pada learning management system melalui tutorial pembuatan video pembelajaran oleh beberapa Narasumber.

Menurut ketua Panitia Kegiatan Bayu Ariwibowo menjelaskan bahwa Untuk melaksanakan pembelajaran yang kolaboratif dan inspiratif di kelas, diperlukan berbagai upaya agar pembelajaran inspiratif yang masuk dalam 8 Indikator Kinerja Utama merdeka belajar ini dapat sercapai.

“Program Peningkatan Kualitas Pembelajaran di dalam Kelas merupakan salah satu tujuan dari program Kompetisi Kampus Merdeka untuk meningkatkan IKU nomor 7 menurutnya Untuk mencapai IKU ini, salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh program studi PVTM adalah dengan meningkatkan kemampuan dosen dalam menerapkan metode pembelajaran online maupun blended learning melalui Learning Management System (LMS),”terangnya

Bayu menambahkan Indikator kelayakan LMS salah satunya berasal dari isi materi terutama pada pembelajaran asinkronous, dimana di dalamnya terdapat e-modul ataupun video pembelajaran dan aktivitas lain untuk belajar siswa.

“Untuk mencapai kelayakan substansi LMS, Pendidikan Vokasional Teknik Mesin akan melaksanakan pelatihan pembuatan Media Video Pembelajaran dan pengisian konten di LMS kepada dosen pengampu mata kuliah program studi. Tujuannya agar dosen pengampu mata kuliah dapat mempersiapkan media yang baik untuk melaksanakan pembelajaran secara online ataupun blended. Aktivitas ini diyakini akan mampu meningkatkan IKU MBKM nomor 7,”imbuhannya.

Sementara itu Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka ini sudah di monev oleh Dirjen Dikti.

“Maka dari itu kita perlu memanfaatkan hibah ini dengan sebaik – baiknya untuk memajukan lembaga ini terutama kompetensi para dosennya sehingga dosen – dosen yang mengikuti kegiatan yang di adakan oleh Prodi PVTM bisa mengajarkan dengan baik dan sesuai dengan kurikulum baru yaitu Merdeka Belajar,” tutur Rektor Universitas Ivet.

Rektor Universitas Ivet juga berpesan agar para dosen bisa mengikuti dengan baik dan siap mengajarkan ilmunya kepada para mahasiswa.

“kami berterimakasih kepada para narasumber yang telah memotivasi dan memberikan pengetahuan baru mulai dari awal di adakannya kegiatan program hibah ini, besar harapan kami ilmu – ilmu yang telah di sampaikan dari awal hingga akhir ini bisa di aplikasikan dengan baik di pembelajaran yang ada di Universitas Ivet khususnya Prodi PVTM,” imbuhannya.