Meningkatkan Kompetensi Dosen dengan Jurnal Yang Bereputasi Internasional

Semarang, Pentingnya jurnal bereputasi internasional Tim Task Force PKKM Universitas Ivet selenggarakan pelatihan penulisan jurnal bereputasi internasional untuk dosen di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi PG Paud) secara Luring di Hotel Grasia dan Daring melalui Zoom selama 2 hari mulai hari Senin – Selasa 17 – 18 Oktober 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian hibah yang di terima oleh Prodi PG Paud yang di manfaatkan untuk peningkatan kompetensi Dosen dan peningkatan mutu Program Studi di Universitas Ivet terutama Prodi PG Paud.

Penulisan Jurnal bereputasi Internasional merupakan salah satu komponen yang dipertimbangkan oleh Dosen untuk kenaikan jabatan akademisi selain itu juga untuk peningkatan mutu dari Program Studi

Dalam kegiatan tersebut Tim Task Force PKKM Universitas Ivet mengundang 2 Narasumber dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Ir Dyah Rini Indriyanti dan Dr Arif Widiyatmoko.

Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono dalam sambutanya menyampaikan bahwa salah satu tugas dari dosen untuk meningkatkan mutu adalah dengan membuat Jurnal Ilmiah lebih lebih bisa membuat Jurnal yang Bereputasi Internasional.

“Oleh karena itu para peserta khususnya dosen di Prodi PG Paud maupun dosen di Universitas Ivet yang saat ini juga mengikuti secara Daring harus mengikuti dengan baik agar bisa membuat Jurnal yang Bereputasi International dan di Publikasikannya,” ujar Rektor Universitas Ivet saat membuka acara dan memberikan sambutan di Hotel Grasia.

Prof Rustono juga berpesan kepada semua peserta kalau bisa ada dosen mngkin salah satu atau bahkan semua setelah acara ini bisa menghasilkan Jurnal Bereputasi Internasional dan di Publikasikannya.

“Menjadi suatu kebanggaan dan sebuah prestasi apabila setelah pelatihan ini para dosen di Universitas Ivet bisa fokus dan bisa menghasilkan produk yaitu Jurnal bereputasi internasional dan di Publikasikannya sehingga tidak sia – sia para peserta mengikuti kegiatan ini selama 2 hari,” Imbuhannya.

Publikasi Jurnal bereputasi internasional menjadi salah satu indikator dalam penentuan kualitas dan peringkat perguruan tinggi (PT). Semakin banyak jumlah publikasi internasionalnya semakin baik kualitasnya dan semakin tinggi peringkatnya. Untuk itu, kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah dan mempublikasikan-nya pada jurnal internasional perlu ditingkatkan secara berkesinambungan.

Kegiatan ini juga di ikuti seluruh dosen yang ada di Universitas Ivet secara Daring