Prodi PG Paud Universitas Ivet Peroleh Hibah PKKM

Semarang, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi PG Paud) Universitas Ivet memanfaatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dengan menyelengarakan kegiatan workshop di hotel Grasia pada hari Kamis (6/10).

Perolehan hibah ini di maksudkan untuk meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan program studi dan meningkatkan kerjasama dengan DUDI dan top world class universities dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa.

Dalam kesempatan itu Prodi PG Paud memanfaatkan hibah tersebut dengan mengadakan kegiatan yang mengambil tema Peningkatan Kemampuan dan Kualitas Dosen dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Loosepart dan STEAM (Science Technologi Engineering Art Mathematics) mengundang Narasumber dari balai besar penjaminan mutu pendidikan BBPMP Jawa Tengah Dr Alif Noor Hidayati.

Dr Alif Noor Hidayat menyampaikan bahwa Pembelajaran STEAM juga sekaligus dapat menjawab tantangan Pembelajaran 7 tema Profil Pelajar Pancasila yg meliputi: Perubahan iklim global, kearifan lokal, bhineka tunggal ika, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI dan berkewirausahaan.

“Jenjang Anak Usia Dini sangat potensi untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis pada anak dengan membiasakan anak untuk bertanya, mengumpulkan informasi dan bereksperimen untuk memenuhi rasa ingin tahu pada anak,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Task Force Universitas Ivet Raditya Ahmad Rifandi menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan pelaksanaan serangkaian aktivitas Program Kompetisi Kampus Merdeka tahun anggaran 2022.

“Perolehan hibah ini kami manfaatkan dengan tujuan untuk memajukan Program Studi yang mendapatkan hibah sehingga dengan kemajuan ini harapannya mahasiswa bisa nyaman berkuliah dan mendeapatkan ilmu yang baru serta meningkatkan jumlah perolehan mahasiswa tiap tahunnya,”tuturnya.

Ketua Tim Task Force Universitas Ivet menambahkan kegiatan pada hari ini dengan tujuan menyelaraskan pemahaman dosen terhadap teori dan praktik media loosepart dengan menggunakan metode pembelajaran steam yang berkembang pada kurikulum merdeka belajar saat ini.