Prodi PVTO Universitas Ivet adakan Webinar Motor Listrik Menyongsong Era Smart City

Prodi PVTO Universitas Ivet adakan Webinar Motor Listrik Menyongsong Era Smart City

Semarang – Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif Universitas Ivet selengarakan webinar dengan mengambil tema eksplor teknologi motor listrik menyongsong era smart city melalui platform zoom pada hari Jumat (17/12).

Kegiatan yang menghadirkan Kepala Dinas Perhubungan kota semarang Endro Pudyo Martantono dan Manager RnD PT Triangle motorindo (VIAR) Heru Sugiantoro membahas bagaimana menciptakan motor listrik dengan tujuan untuk menciptakan kendaraan raman lingkungan dan menjadikan kota yang smart.

Dalam sambutannya rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono menyampaikan bahwa Motor yang bukan listrik menimbulkan polusi yang besar.

“Hal ini yang menjadikan kota menjadi tidak bersih dan sehat maka tentu harus di hindari untuk itu pada webinar ini sangat bermanfaat sekali kita bisa bersama – sama belajar bagaimana menciptakan kendaraan listrik yang bisa di produksi massal dan tentunya akan menciptakan udara yang bersih dan sehat serta masa kehidupan yang lebih panjang,” ujarnya.

Rektor Universitas Ivet tersebut juga menambahkan bahwa Pertambahan jumlah motor semakin luar biasa.

“sebab memang sekarang merupakan sebuah kebutuhan maka dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang ada tentu akan menambah jumlah polusi yang besar, Inovasi yang baik yaitu motor listrik ini harapannya bisa mengatasi masalah itu dan menjadi Motor masa depan yang bersih dan ramah lingkungan,”imbuhannya.

Prof Rus juga berharap kota semarang bisa memulai terlebih dahulu menjadi smart city.

“Kalau bisa untuk pemerintah kedepan membuat peraturan bagi kendaraan yang masuk di jalanan kota harus kendaraan listrik dan kendaraan berbahan bakar minyak lewat jalan lain dengan seperti itu Kota semarang akan menjadi pelopor penggunaan motor listrik di kota untuk berlalu lintas,” terangnya.

Pada kesempatan itu Ka Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro Pudyo menyampaikan dalam sambutannya kota semarang menyambut baik kehadiran motor listrik

“Pasalnya tentu akan terciptanya iklim /udara yang baik untuk itu kehadiran motor listrik ini di nantikan dan kedepan teknologi akan semakin maju dan kemungkinan juga akan beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik,” tuturnya.

Namun motor listrik saat ini juga masih dalam tahap penyempurnaan dan masih ada kekurangan untuk itu perlu adanya tenaga ahli yang berkompeten untuk bisa menciptakan kendaraan listrik ujar Manager RnD PT Triangle motorindo (VIAR) Heru Sugiantoro

“Sebenarnya kekurangan motor listrik ini hanya pada pengendalian brushlees DC motor lebih rumit untuk mengatur kecepatan dan torsi motor, namun keuntungan nya Motor listrik lebih tahan lama, memiliki tingkat efisiensi yang tinggi, torsi awal yang tinggi karena menggunakan magnet permanen,” ujarnya.

Wartawan : Much khoirul anam mauludin