Rektor Universitas Ivet Dorong Dosen Untuk Menjadi Guru Besar

Semarang, Universitas Ivet selenggarakan sosialisaasi kenakian Jabatan Fungsional bagi dosen dengan mengundang kepala LLDIKTI VI Bhimo Widyo Andoko, SH, MH dan bagian Kepegawaian LLDIKTI VI di Ruang Aula Gedung Rektorat Universitas Ivet pada hari Rabu (28/12).

Kegiatan ini memfokuskan bagi dosen yang memiliki Jabatan Fungsional Lektor dan Lektor Kepala agar bisa terpacu untuk menjadi Guru Besar khususnya yang sudah menjadi Lektor Kepala.

Kenaikan Jabatan Fungsional menjadi penting bagi dosen pasalnya selain akan menambah finansial juga sebagai salah satu jenjang karir bagi para dosen di Indonesia, yang sekaligus membuktikan kemampuan dan prestasinya sebagai tenaga pendidik.

Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono menyampaikan bahwa zaman sekarang kenaikan Jabatan Fungsional Begitu mudah tidak seperti dahulu yang harus melewati tahap demi tahap.

“Oleh karena itu para dosen harus tergerak jiwanya untuk segera menyelesaikan tugas -tugasnya dan mengajukan Jabatan Fungsionalnya agar naik ke jenjang selanjutnya semakin semangat menyelesaikan maka akan semakin cepat naik Jabatan Fungsionalnya,” ujarnya.

Prof Rustono juga menambahkan agar mempermudah penyelesaian tugas – tugasnya para dosen harus sesuai dengan bidangnya atau Linieritas.

“Jangan menyimpang karena pastinya nanti tidak akan di angap penelitiannya misal dosen matematika mengerjakan penelitian tentang kesehatan tentu akan bersimpangan dan tentunya akan sia – sia pengerjaannya oleh karena itu ikuti tatacara memperoleh Jabatan Fungsional dengan baik dan semua peserta yang hadir harus mengikuti hingga akhir sehingga ilmu yang di dapatkan akan benar – benar bermanfaat,” imbuhanya.

Rektor Universitas Ivet berharap agar tahun depan ada satu atau bahkan lebih yang menjadi Guru Besar.

“Saat ini di Universitas Ivet ada 13 Dosen yang memiliki Jabatan Fungsional Lektor Kepala kami harap bisa segera menjadi Guru Besar sehingga tentu akan bisa menaikkan nama Universitas Ivet dan akan semakin di percaya oleh masyarakat umum bahwa Universitas Ivet memiliki dosen – dosen yang terbaik,” tuturnya.

Sementara itu Kepala LLDIKTI VI Bhimo Widyo Andoko menyampaikan bahwa Dosen merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan pendidik yang paling tinggi.

“Tugas Dosen selain menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi juga harus memiliki Jabatan Fungsional dengan demikian semakin tinggi tingkat Jabatan Fungsionalnya maka tentu akan semakin baik Kualitas nya, oleh karena itu Jabatan Fungsional menjadi tugas yang juga penting dan harus di kerjakan oleh semua dosen,” tuturnya.

Kepala LLDIKTI VI juga mengatakan bahwa Jabatan Fungsional itu juga merupakan salah satu elemen penting dalam penigkatan akreditasi.

“Bila di suatu Program Studi atau Instansi memiliki Guru Besar tentu akan menjadi nilai tambah dalam penilaian akreditasi, maka dari itu perlu adanya pacuan untuk menggerakkan dosen – dosen agar segera memiliki Jabatan Fungional yang tinggi,” ucapnya.

Bhimo Widyo Andoko berpesan kepada Rektor Universitas Ivet mendatang harus memiliki target untuk bisa mencetak Guru besar di Universitas Ivet.

“Tahun 2023 Universitas Ivet akan ada pergantian Rektor oleh karena itu ini sebagai pesan bagi Rektor yang baru nanti agar bisa mendorong Dosen – Dosennya agar bisa memperoleh Jabatan Fungsional Guru Besar dan yang masih Asisten Ahli bisa segera naik menjadi Lektor bahkan Lektor kepala,”pesannya.