Tim Pengabdian Masyarakat Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA Unisvet Adakan Workshop Peningkatan Literasi Digital untuk Guru SD

Tim Pengabdian Masyarakat Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA Unisvet Adakan Workshop Peningkatan Literasi Digital untuk Guru SD

Foto bersama Tim Pengabdian kepada Masyarakat dan peserta kegiatan Worksop Peningkatan Literasi Digital untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring bagi Guru SD

Semarang, Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA bekerjasama dengan KKG Guru SD Gugus Drupadi Kecamatan Gunungpati Semarang adakan Workshop Peningkatan Literasi Digital untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring bagi Guru SD dilakukan pada Rabu, 17 Maret 2021 dan 24 Maret 2021.

Kegiatan pelatihan ini di laksanakan secara daring menggunakan platform Zoom yang dihadiri sekitar 40 peserta yang berasal dari 10 SDN di kota Semarang. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru SD dalam mendesain proses pembelajaran daring agar lebih optimal. Materi yang diberikan pada kegiatan ini meliputi pembuatan media pembelajaran interaktif dan penyusunan evaluasi online.

“Saya merasa terbantu sekali dengan adanya kegiatan Workshop Peningkatan Literasi Digital untuk guru-guru KKG Gugus Drupadi ini,” ungkap Edi Sutono, S.Pd selaku Pengawas Sekolah Korsatpen Kecamatan Gunungpati, Semarang.

“kegiatan workshop ini sangat mendukung sekali bagi para guru terkait dengan literasi digital dalam pengembangan pembelajaran di masa pandemi Covid-19,” imbuhanNya.

Menurut ketua Tim Pengabdian Akhmad Nayazik Kegiatan workshop ini merupakan kelanjutan dari kegiatan peningkatan kompetensi professional guru. “Sebelumnya telah diadakan kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk Guru – Guru KKG Gugus Drupadi oleh Tim, namun ternyata masih banyak guru yang mengalami kendala dalam mendesain pembelajaran daring, mislanya mendesain media pembelajaran interaktif dan evalusi pembelajaran secara daring. Oleh karena itu melalui pelatihan ini, diharapkan kompetensi professional guru terkait pengembangan pembelajaran akan meningkat.”

Ahmad Nayazik juga mengungkapkan, “Rencananya, akan diadakan kegiatan serupa ke depannya secara rutin setiap semester oleh Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kompetensi guru.”

Sementara itu Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Ivet mengucapkan terima kasih kepada Edi Sutono selaku Pengawas SD Kecamatan Gunungpati, Agung Ariyono selaku Ketua Gugus Drupadi, Mujiana selaku Ketua KKKS, serta seluruh perserta pelatihan.

Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan IPA Unisvet Akhmad Nayazik, Indri Nurwahidah, Yeni Widiyawati, Arie Wahyuni, Destia Wahyu Hidayati, Dwi Septiana Sari.