Universitas Ivet Gelar Pelatihan Keprotokolan dan MC

Universitas Ivet Gelar Pelatihan Keprotokolan dan MC

Semarang – Universitas Ivet menggelar Pelatihan Keprotokolan dan MC bagi dosen yang di pilih oleh lembaga untuk mengelola acara resmi yang ada di kampus. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aula Gedung Rektorat Selasa, (8/12).

Pelatihan protokoler berlangsung sehari dengan 2 materi yaitu kepengurusan sebuah acara resmi dan pelatihan menjadi Mc yang baik dan benar, sebagai narasumber pada acara ini M Ridho Fatkhurrahman S.I.Kom (Humas universitas Ivet) dan Leny Kurniati M.Pd., (Sekertaris Unit PMB).

Dalam forum tersebut Wakil Rektor 2 Suyanto M.T menyampaikan dalam keterangan pers bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan tim khusus untuk menagani dan meningkatkan peran dari protokol Universitas Ivet dalam berbagai kegiatan yang digelar.

Pelatihan ini akan banyak memberikan manfaat meskipun dalam waktu yang singkat karena menurutnya keprotokolan mempunyai peran penting dalam kelancaran suatu acara terutama dalam acara-acara resmi.

“Keprotokolan mengatur tata upacara dan tata tempat serta juga tata penghormatan,” jelasnya.

M Ridho Fatkhurrahman S.I.Kom selaku Humas Universitas Ivet menyampaikan suatu acara tidak akan berjalan dengan baik apabila protokolernya tidak menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal.

“Protokol harus mampu menempatkan diri agar bisa memberikan rasa aman dalam suatu acara dan harus tegas serta berkoordinasi menjadi hal yang penting sehingga dapat meminimalisir kesalahan komunikasi”.

Disamping itu, ia juga menjelaskan bagaimana etika dalam bersikap, duduk, berdiri, berjalan, bersalaman dan berbicara bahkan juga dalam mengadakan dan menghadiri jamuan

Selain Keprotokolan peran MC / pembawa acara juga berperan besar sebab tanpa adanya pembawa acara maka acara tidak berjalan lancar, Leny Kurniati M.Pd., Sekertaris Unit PMB menyampaikan untuk jadi MC harus memiliki pengetahuan yang luas dan komunikatif, Selain itu, seorang MC juga dituntut untuk selalu bersabar dalam membawakan acara. “Kalau panitia panik dengan acara, MC tidak boleh ikut panik dan stress. Selain harus punya naluri antisipasi dan spontanitas yang baik. Untuk MC yang jam terbangnya banyak, tidak masalah. Tetapi untuk MC yang masih pemula biasanya harus didampingi,”

Wakil Rektor 2 Suyanto M.T menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini terutama dalam keterpaduan dari setiap kegiatan yang digelar oleh fakultas, lembaga atau unit di lingkungan Universitas Ivet agar supaya saat kita ada acara sudah ada yang mengatur dengan baik dan tidak terkesan monoton dan selalu siap kapan saja apabila ada tamu atau acara yang menghadirkan tamu dari luar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.