Universitas Ivet Selengarakan Seminar MBKM Undang Wakil Rektor 1 UMJ

Semarang, sebagai penguatan program dari pemerintah yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Ivet hadirkan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ) Dr Emy Kholifah secara Daring melalui Zoom pada hari Kamis (25/8).

Forum yang dihadiri seluruh dosen Universitas Ivet ini bertujuan untuk menyegarkan kembali tentang MBKM sebagai kurikulum baru yang di miliki oleh Universitas Ivet dan sudah di jalankan pada tahun lalu.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sendiri merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan sebagai bekal memasuki dunia kerja.
Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono menyampaikan bahwa Universitas Ivet sudah lama menjalankan MBKM.

“beberapa kegiatan telah dilaksanakan di Universitas Ivet seperti kurikulum MBKM yang di mana sudah ada pedomannya, kemudian kegiatan – kegiatan dari MBKM itu sendiri seperti Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Magang, dan beberapa kegiatan lainnya, hal ini sebagai bentuk keseriusan kita untuk menjadikan mahasiswa bisa sukses kedepannya” ujarnya.

Menurut Prof Rustono yang juga sebagai Ketua Dewan Pendidikan Jawa Tengah bahwa Merdeka Belajar itu tidak hanya di jenjang Perguruan Tinggi saja namun sekarang pemerintah juga sudah memprogramkan merdeka belajar untuk jenjang sekolah.

“Sebagian besar Mahasiswa di Universitas Ivet ini lulusannya menjadi guru dan perlu di persiapkan mulai dari sekarang sehingga nanti saat mereka lulus sudah siap untuk menerima kurikulum baru di sekolahan tempat mereka bekerja menjadi guru nanti,” imbuhannya.

Sementara itu menurut Wakil Rektor 1 Dr Luluk Elyana menyampaikan bahwa kurikulum MBKM ini sangat menguntungkan bagi Dosen dan Mahasiswa.

“Pasalnya orang bisa belajar di manapun dan kapanpun bisa belajar secara online maupun offline jadi sangat menguntungkan sekali oleh karena itu perlu kita mematangkan lagi kurikulum ini dengan berdiskusi bersama dengan menghadirkan narasumber dari perguruan tinggi lain sehingga harapannya bisa belajar dan semakin menyempurnakan kurikulum MBKM di Universitas Ivet,” tuturnya.

Kebutuhan untuk menciptakan proses pembelajaran yang berorientasi kepada penciptaan kompetensi lulusan, selaras dengan adanya Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Nasional yang mengamanatkan adanya upaya dari setiap bagian dari institusi pendidikan untuk secara berkelanjutan melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan proses pembelajaran demi menghasilkan sebuah proses belajar mengajar yang mampu mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan, serta memproyeksikan serapan dunia kerja sebagai tujuan akhir dari pencapaian kompetensi lulusan.