Universitas Ivet Siap Gelar Seleksi Kerja untuk Industri Galangan Kapal Korea

Semarang, Universitas Ivet (Unisvet) Semarang ditunjuk sejumlah perusahaan galangan kapal dari Negara Korea sebagai penyelenggara rekrutmen tenaga kerja di bidang teknik pengelasan untuk dipekerjakan di perusahan galangan kapal di negeri ginseng itu.


Wakil Rektor II Unisvet Suyanto mengatakan, kepercayaan dari mitra mancanegara itu tidak didapat secara tiba-tiba, tetapi melalui proses pendekatan dan uji coba yang panjang untuk meyakinkan kepada mitra dari luar negeri.


“Salah satu pertimbangan penunjukan ini karena fasilitas laboraturium dan sarana penunjang praktikum lain di bawah program studi (prodi) di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Unisvet sangat memadai dan dinilai cukup lengkap,” kata Suyanto dalam siaran pers Unisvet yang diterima¬†NU Online Jateng,¬†Senin (3/10/2022).

Disampaikan, informasi yang diperoleh dari Executive Officer Mirai welding of Korea.Co.Ltd – Kobelco Welding Of Korea.Co.Ltd, Mr Lee saat berkunjung ke Unisvet, Kamis (29/9/2022) menyebutkan, sejumlah perusahaan galangan kapal di Korea membutuhkan seribu tenaga kerja yang memiliki kemampuan di bidang teknik pengelasan.


Naker terampil sejumlah itu lanjutnya, akan memperoleh pendapatan rata-rata sebesar Rp40 juta per bulan bahkan bisa lebih. “Proses testing atau seleksinya akan dilaksanakan di Unisvet. Saat ini Unisvet sedang melakukan berbagai persiapan,” terangnya.

Dia menmbahkan, selain menyiapkan sarana untuk testing atau seleksi, Unisvet juga menyiapkan calon peserta dari sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 
perguruan tinggi yang membidangi pengelasan dari berbagai daerah dan menjadi mitra Unisvet.


Mr Lee saat mengunjungi kampus Unisvet terkesan dengan kesiapan laboraturium dan sejumlah sarana yang menunjang aktivitas pendidikan dan pelatihan di bidang teknologi yang dimiliki Unisvet.


“Peralatan teknik las yang dimiliki Unisvet sudah mumpuni dan layak untuk  penyelenggaraan test atau seleksi tenaga kerja yang akan dikirim perusahaan galangan kapal di Korea,” ucapnya.
 

Bagian Humas Unisvet Ridlo menjelaskan, perusahaan galangan kapal di Korea yang akan merekrut tenaga terampil dari Indonesia selain membutuhkan tenaga kerja di bidang teknik pengelasan juga membutuhkan tenaga kerja di bidang painting dan enginering.


“Rintisan kerja sama Unisvet dengan berbagai pihak terutama dari manca mancanegara akan terus digalakkan demi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yang menjadi tuntutan masyarakat,” pungkasnya.