Yuk Mengenal Unit Kegiatan Mahasiswa Di Universitas Ivet Semarang

Yuk Mengenal Unit Kegiatan Mahasiswa Di Universitas Ivet Semarang

 

Apa sih UKM itu? 

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan wadah yang menjadi tempat berhimpunnya mahasiswa dengan kesamaan minat, hobi, kegiatan, dan kreativitas. Bisa dikatakan, UKM ini sama halnya dengan organisasi ekstrakurikuler di sekolah.

Jadi, semasa sekolah dulu kamu mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian saat di perguruan tinggi, UKM adalah tempat kamu mengasah bakat.

Melalui UKM, kamu dapat menambah wawasan dan pengetahuan di luar kegiatan belajar di kelas. Kamu bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kegiatan UKM.

Terdapat beragam macam unit kegiatan mahasiswayang bisa kamu ikuti sesuai dengan keinginan. Setiap kampus memiliki UKM yang berbeda-beda, tak bisa disamakan. Namun pada dasarnya terdapat UKM yang secara umum dimiliki oleh seluruh kampus.

Di Universitas Ivet terdapat banyak Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa kamu ikuti. Apa saja sih? Mari kita bahas satu per satu dan di mulai dari organisasi Mahasiswa Di antaranya Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas, dan Himpunan Mahasiswa Prodi.

 

  1. BEM UNIVERSITAS IVET

Badan Eksekutif Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif tingkat Universtas.

Dipimpin oleh Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa yang dilantik oleh Universitas. Mereka adalah mahasiswa terpilih dari sekian banyak mahasiswa di Universitas Ivet, Dipilih berdasarkan hasil voting dan juga diukur dari segi keterampilan skill dalam memimpin.

Dalam BEM Universitas ini juga ada beberapa Kementerian, seperti Sosial Politik, Keagamaan, Seni dan Budaya, Menteri Dalam dan Luar Negeri, Infokom. Masing-masing Divisi mempunyai Program Kerjanya sendiri. Jadi bagi kalian yang ingin mengikuti BEM Universitas bisa disesuaikan dengan minta dan bakat kalian berada dimana.

 h

  1. BEM FKIP

Pengertian dari BEM FKIP ini sama seperti BEM Universitas, bedanya adalah BEM FKIP hanya mencakup Fakultas saja, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dimana hanya prodi yang berfakultas FKIP saja yang dapat dipimpin oleh BEM FKIP. Dipimpin oleh Gubernur dan Wakil Gubernur. BEM FKIP juga mempunyai banyak divisi. Mereka sering mengadakan pertemuan dengan anggota-anggota baru. Menurut Mahasiswa yang aktif di BEM FKIP, berkata bahwa tidak hanya mereka menerima pengetahuan dari mengikuti organisasi ini, tetapi apa yang mereka terima akan mereka bagikan kembali kepada mahasiswa di Unisvet.

  1. BEM SAINTEK

Pengertian dari BEM SAINTEK ini sama seperti BEM FKIP, bedanya adalah BEM SAINTEK hanya mencakup Fakultas saja, yaitu Fakultas Sains dan Teknologi, dimana hanya prodi yang berfakultas Saintek yang bisa dipimpin oleh BEM SAINTEK. Dipimpin oleh Gubernur dan Wakil Gubernur juga. BEM Saintek ini juga mempunyai divisi-divisi.

BEM SAINTEK itu sebuah organisasi yang merangkul seluruh mahasiswa/i Fakultas Saintek, dalam artian mengapa merangkul? Karena BEM Saintek sendiri menjadi inspirasi dan wadah aspirasi mahasiswa dalam menerima suara mahasiswa/i Fakultas Saintek maupun membantu mengembangkan prestasi akademik dan non akademik.

  1. HIMA semua prodi

Apa itu Himpunan Mahasiswa? Himpunan Mahasiswa disingkat dengan HIMA. Jika diartikan sebagai sekumpulan mahasiswa dalam sebuah jurusan (program studi). Kumpulan mahasiswa yang tertampung di dalam HIMA tersebut bergabung memiliki tujuan yang sama dan pada jurusan/prodi yang sama.

Organisasi ditingkat jurusan disuatu perguruan tinggi yang merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa. HIMA merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun kemasyarakat.

HIMA juga membangun mahasiswa agar lebih aktif lagi, berintegritas dan solidaritas yang lebih aktif dengan asas kekeluargaan yang baik serta menjadi aspirasi mahasiswa.

           

  1. UKM Tari

UKM Tari merupakan suatu wadah seni yang bertujuan untuk melestarikan seni budaya serta menghimpun dan menyalurkan minat dan bakat dari mahasiswa dalam bidang seni sehingga nantinya dapat bermanfaat. UKM Tari di Ivet juga sering mengikuti banyak event, diantaranya mengisi acara di Kampus dan mengisi acara saat wisuda.

 

  1. UKM Futsal

Mewadahi mahasiswa yang memiliki minat serta bakat terhadap olahraga futsal. Mahasiswa Ivet yang mayoritas adalah para mahasiswa yang menyukai futsal, sering kali mengadakan latihan dilapangan bersama mahasiswa lainnya. Mereka juga sering mengikuti lomba antar kampus.

  1. UKM Mepala

UKM mahasiswa pencinta alam yang selanjutnya disebut Mepala yang adalah salah satu UKM yang berbidang kepada kegiatan alam bebas sehingga diperlukan bibit yang mempunyai semangat, mental, jasmani dan rohani yang kuat. Oleh karena itu perlulah suatu wadah yang dapat mendidik mahasiswa untuk menjadi mahasiswa yang mampu bersaing dan sportif dalam setiap kegiatan dan kehidupan sehari-hari terutama dilingkungan kampus.Kegiatan yang sering dilakukan adalah mendaki gunung. Mepala juga sering mengadakan Gerakan Perilaku Sadar Sampah yang diadakan diberbagai tempat.

 

  1. UKM UKKI

UKKI adalah singkatan dari Unit Kegiatan Kerohanian Islam. UKKI adalah unit kegiatan yang dengan nyata bergerak untuk umat dan dilakukan dengan ikhlas semata-mata hanya untuk kebahagiaan akhirat. Yang menarik dari UKKI adalah kegiatan-kegiatannya yang merangkul mahasiswa hijrah menuju orang-orang yang lebih baik. Mereka juga sering mengadakan pertemuan-pertemuan.

 

 

  1. UKM Karawitan

Karawitan adalah perpaduan antara seni musik dan seni suara menjadi satu kesatuan yang utuh dan saling melengkapi. Karawitan sering mengadakan latihan rutin setiap minggunya dan sering mengisi acara diberbagai kegiatan kampus.

 

  1. UKM Vevoice

Paduan suara merupakan istilah yang merujuk kepada ensembel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara. Veteran Voice yang biasa dikenal dengan Vevoice ini adalah grup paduan suara, dengan sering melakukan latihan yang akan menambah skill vokalnya. Vevoice sering mengisi saat Upacara, Wisuda maupun berbagai acara di Kampus.

Adanya organisasi ini, untuk mengapresiasikan dan menyalurkan minat dan bakat khususnya dibidang vocal.

 

  1. UKM Pencak Silat

UKM Pencak Silat memiliki maksud untuk membuat suatu Unit Kegiatan Mahasiswa baru di Bidang Olahraga yaitu bela diri pencak silat yang bertujuan untuk menaungi seluruh mahasiswa Universitas Ivet Semarang untuk dapat berkembang dan berprestasi dalam bidang olahraga khususnya pencak silat.

  1. UKM Veteran Music

UKM ini bergerak dibidang musik, dimana dalamnya banyak sekali hal-hal yang bisa didapatkan tentunya bukan hanya sekedar pelajaran musik, tetapi juga mahasiswa yang mengikuti UKM ini dilatih untuk membantu satu sama lain, berlatih berorganisasi, belajar mengenal satu sama lain dari semester 1 sampai kakak alumni yang sudah lulus dari Kampus Unisvet, juga mengembangkan jiwa sosial kita, dan juga Vemus ini terkenal dengan solidaritas yang tinggi.

Vemus seringkali membuat suatu event dan mengisi acara, seperti Musik Kantin maupun membuat Danus (Dana Usaha) yang berasal dari kewirausahaan Keluarga Vemus ini.

Kekeluargaan Vemus sangat erat dan bahkan hampir setiap harinya selalu latihan dan bercengkrama satu sama lain. Vemus pernah membuat suatu acara saat Dies Natalis Ivet yang pertama pada tahun 2019, dengan mengundang banyak bintang tamu yang terkenal. Tak hanya itu, tahun-tahun sebelumnya Vemus juga sering membuat acara.

   

  1. UKM Medivet

UKM Medivet adalah UKM yang termasuk baru di Ivet yaitu tahun 2021. UKM ini berisi tentang media apa saja yang ada di dalam kampus, dan juga UKM yang menyebarkan informasi-informasi mengenai kegiatan/acara di Universitas Ivet.

UKM Medivet dilantik pada tanggal 17 November 2021 di Kampus Universitas Ivet dengan beranggotakan 53 Mahasiswa. Dan kedepannya akan banyak sekali agenda yang akan dilaksanakan, contohnya seperti Podcast, Liputan Kegiatan Kampus dan masih banyak lagi.

UKM Medivet dapat disebut sebagai Hubungan Masyarakat di Universitas Ivet, mengapa? Karena UKM media akan menjadi media partner dalam berbagai acara BEM, HIMA maupun UKM yang sedang menyelenggarakan kegiatan. Tidak hanya sebagai media partner, namun UKM Medivet dapat menjadi tempat belajar di Bidang Jurnalistik, Media dan Public Speaking untuk seluruh mahasiswa/i.

Terdapat 3 Divisi :

  • Jurnalistik dan Penulisan Kreatif
  • Media & Broadcasting
  • Public Speaking

 

  1. UKM Robotik

UKM Robotika merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang menjadi wadah bagi mahasiswa Polmanbabel yang memiliki minat, bakat, kreatifitas, dan kompetensi di bidang robotika. Kegiatannya seputar tentang membuat robot-robot maupun program robotic. Menurut salah satu mahasiswa yang mengikuti organisasi ini, UKM Robotic penuh dengan tantangan, karena ada banyak hal yang harus dipahami dan mengerti tentang seputar robotic, dan juga seru mengikuti kegiatannya, karena selain ada teori juga ada praktek.

  1. UKM Taekwondo

Taekwondo merupakan salah satu cabang seni olahraga bela diri yang berasal dari Korea Selatan. Makna dari Taekwondo yaitu , Tae yaitu kaki, Kwon yaitu pukulan dengan tangan/tinju, serta Do yaitu sistem/cara/seni. Arti dari kesuluruhan Taekwondo adalah  seni beladiri yang menggunakan kaki dan tangan sebagai senjata beladiri untuk menaklukan lawannya. Namun gerakan kaki lebih dominan, meskipun ada beberapa gerakan yang melibatkan tangan, menjadikannya ciri khas olah raga nasional Korea ini. UKM ini sangat berpotensi di Universitas Ivet, bahkan sudah sering menjuarai lomba, rata-rata mahasiswa nya aktif dan sudah cukup mempunyai jam terbang yang lumayan.

  1. UKM Volly

UKM Voli merupakan sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang mewadahi minat, bakat, serta potensi mahasiswa dalam bidang olahraga, khususnya Voli. UKM Voli juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berorganisasi dan tumbuh menjadi generasi yang sehat jasmani dan rohani. Menurut pendapat dari salah satu Mahasiswa yang aktif di UKM ini, berkata bahwa UKM Volly adalah UKM yang sangat seru dan kompak, sehingga saat latihan pun tidak terasa berat karena diimbangi dengan canda tawa.

  1. UKM Pramuka

UKM Pramuka Universitas Ivet merupakan suatu wadah bagi mahasiswa yang mempunyai minat dan kegemaran dalam bidang kepramukaan. Tak hanya saat SMA/SMK saja mengikuti Pramuka, tetapi saat dibangku perkuliahan juga ada kegiatan Pramuka. UKM Pramuka sering mengadakan pertemuan antar anggota dan juga mengadakan bakti sosial masyarakat. UKM Pramuka ini juga pernah menjuarai beberapa kejuaraan. Mereka pernah meraih Kejuaraan Kegiatan Sport And Scout Competition 2021 di selenggarakan oleh UNNES secara daring tingkat nasional. Kejuaraan yang diraih adalah Juara 3 Cabang Lomba Senam Kreatifitas dan Juara 3 Cabang Lomba Cover Lagu Pramuka kemudian Juara 3 Pandega Putri dalam Lomba Cepat Tepat Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Semarang.

  1. Resimen Mahasiswa (Menwa)

Menwa merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat menjadi tombak dalam meningkatkan kesadaran bela negara di kalangan mahasiswa. Menwa juga merupakan salah satu kekuatan yang dilatih dan disiapkan untuk mempertahankan NKRI, terkhusus untuk menjaga keamanan di Kampus Universitas Ivet Semarang. Untuk masuk Menwa sendiri ada pelatihan militernya yang dilatih oleh Tentara Angkatan Darat di Rindam IV Diponegoro Magelang (mungkin setiap tahunnya bisa berbeda pelatih).

 

 

  1. Satuan Batalyon Taruna (Satyontar)

   

Organisasi di Taruna biasa disebut Satuan Batalyon Taruna (Satyontar). Organisasi ini dibentuk untuk menaungi Taruna dan Taruni serta mendidik Calon Taruna Taruni agar memiliki sikap disiplin, sopan santun, jiwa korsa, kebersamaan dll. Satyontar juga menjadi wadah bagi Taruna Taruni nya yang memiliki aspirasi atau ide untuk mengembangkan bakat maupun yang lainnya. Dalam Satyontar terdapat beberapa divisi seperti Divisi Batalyon, Divisi Poltar, Divisi Lemustar.

 

        A. Batalyon mempunyai Struktur Keanggotaannya sendiri yaitu:

Yang pertama : Komandan Batalyon (Danyon)

Kedua : Wakil Komandan (Wadanyon)

Ketiga : Komandan Kompi (Danki)

Keempat : Asisten Batalyon (Asyon)

Kelima : Komandan Pleton (Danton)

 

         B. Poltar (Polisi Taruna) juga mempunyai struktur keanggotaannya yaitu :

Yang pertama : Kasatpol (Ketua Satuan Poltar)

Kedua : Waka Satpol (Wakil Ketua Satuan Poltar)

Divisi Lapangan

Divisi Lalu Lintas

Divisi Keamanan

 

        C. Lemustar (Lembaga Kemusyawaratan Taruna) juga mempunyai struktur keanggotaannya sendiri yaitu :

Kalem (Ketua Lemustar)

Wakalem (Wakil Ketua Lemustar)

Kepala Divisi :

  • Divisi Ketarunaan
  • Divisi Humas
  • Divisi Koperasi

Asroh (Asisten Kerohanian)

 

3 Divisi besar diatas tersebut mempunyai tugasnya masing-masing.

 

  1. Scholarship Department Student Assosiation (SDSA)

SDSA adalah Organisasi yang bersifat independent. Yang mana cakupannya tidak luas. Scholarship Deparment Student Assosiation yang dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan kumpulan mahasiswa penerima beasiswa. Tujuannya dibentuk SDSA adalah :

  • Memberi motivasi kepada penerima beasiswa.
  • Memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi.
  • Memberikan dorongan kepada mahasiswa penerima beasiswa agar lebih aktif dalam kegiatan perkuliahan.
  • Memberikan pemahaman terkait hak dan kewajiban mahasiswa penerima beasiswa.
  • Memberikan pengawasan kepada mahasiswa penerima beasiswa yang mana ketika tidak aktif dapat ditindak lanjuti oleh Wakil Rektor Bidang 3 Kemahasiswaan.
  • Menjadi bagian dari Universitas Ivet Semarang.

Organisasi ini hanya memiliki hak atas mahasiswa penerima beasiswa. Dimana ada penerimaan beasiswa, disitulah SDSA berperan.

Organisasi ini didasari atas sayangnya Universitas Ivet kepada penerima beasiswa agar dapat menjembatani mahasiswa penerima beasiswa untuk lebih terbuka dalam menyampaikan pendapat dan bertanya.

Kesimpulannya, SDSA adalah organisasi yang berperan bagi mahasiswa penerima beasiswa agar dapat menjembatani mahasiswa penerima beasiswa dan mengawasi mahasiswa atas dasar rekomendasi Dosen dan Wakil Rektor 3.